Wujudkan Rumah Sustainable yang Ramah Lingkungan Dengan 5 Cara Ini!

Bukan hanya sekedar melindungi bumi dari pemanasan global atau menjaga kelestarian lingkungan, rumah ramah lingkungan adalah gaya hidup!

eco-friendly housing, perumahan ramah lingkungan, sustainable housing, rumah masa depan
Minute Read

3 mins

Published

14.02.2022

Tahukah Lokals, membangun rumah sustainable yang ramah lingkungan akan membantu kita menghemat banyak uang dalam jangka panjang dan memberikan dampak positif pada kualitas hidup, lho.

Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengubah rumah biasa menjadi rumah sustainable yang ramah lingkungan sembari mengikuti trend arsitektur modern. Sebenarnya, rumah sustainable ramah lingkungan adalah tentang mengetahui betul apa yang kita inginkan, di mana kita ingin membangun, atau bagaimana kita ingin meningkatkan lingkungan rumah kita.

Yuk, cari tahu bagaimana kita bisa mengubah kualitas hidup kita dengan membangun rumah sustainable yang ramah lingkungan!

eco-friendly housing, perumahan ramah lingkungan, sustainable housing, rumah masa depan

Namun, apa sih yang membuat rumah sustainable dan ramah lingkungan?

Apakah tipe rumahnya? Bahan yang digunakan dalam konstruksinya? Atau hal lainnya? Apa sebaiknya memiliki panel surya atau turbin ventilator, ya?

Sebenarnya, membangun rumah sustainable yang ramah lingkungan lebih dari sekadar memasang panel surya. Meski sumber energi terbarukan juga penting, tapi inti dari sebuah rumah sustainable yang ramah lingkungan terletak pada desainnya; seperti saat kita mempertimbangkan estetika dan fungsi eksterior dan interior dari sebuah rumah.

Rumah ramah lingkungan dibangun dengan mempertimbangkan segala aspek, jadi pastikan untuk mempertimbangkan detail penting saat merancang rumah ramah lingkungan!

Rumah sustainable yang ramah lingkungan dirancang untuk bertahan lama, mudah diperbaiki dan diperbaharui kapanpun saat diperlukan dengan menggunakan bahan yang ada. Pembangunan rumah sustainable yang ramah lingkungan bertujuan menghemat bahan, penggunaan energi, air, menjaga kualitas udara di rumah, hingga kualitas lingkungan dalam ruangan.

 

eco-friendly housing, perumahan ramah lingkungan, sustainable housing, rumah masa depan

  • Bahan bangunan

Banyak orang berpikir bahwa rumah sustainable yang ramah lingkungan dibangun dengan menggunakan bahan daur ulang. Meskipun benar bahwa rumah sustainable yang ramah lingkungan seringkali menggunakan bahan bangunan daur ulang, namun ini bukanlah satu-satunya hal yang membuat rumah dianggap sebagai rumah sustainable yang ramah lingkungan. Rumah sustainable yang ramah lingkungan dibangun dengan menggunakan bahan bangunan yang memiliki jejak karbon lebih kecil dalam produksinya.

  • Ventilasi alami

Ventilasi alami adalah cara untuk mendapatkan rumah yang hemat energi, sehat, dan ramah lingkungan. Ventilasi alami juga membantu kita untuk mengurangi konsumsi energi serta menjaga kelembaban dari rumah. Ingat, ventilasi yang baik adalah kunci kualitas udara dalam ruangan yang nyaman.

  • Teknologi terbarukan

Tanpa disadari, rumah adalah salah satu konsumen energi terbesar dalam hidup kita. Itulah mengapa rumah hemat energi menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika membangun rumah sustainable yang ramah lingkungan.

Kita bisa mulai dengan memasang panel surya ataupun menggunakan peralatan rumah yang lebih hemat energi. Meskipun biaya awal teknologi terbarukan bisa dibilang cenderung lebih mahal, namun biaya ini akan terbayar seiring berjalannya waktu. Karena pada dasarnya, listrik yang keluar pada teknologi terbarukan akan lebih sedikit dibanding teknologi konvensional.

eco-friendly housing, perumahan ramah lingkungan, sustainable housing, rumah masa depan

  • Cahaya alami

Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Seperti memasang jendela, atap skylight, tabung lampu—semua ini jelas akan membantu mengurangi konsumsi listrik kita dan membuat rumah kita menjadi lebih sehat dan lestari!

  • Sistem perpipaan

Pemipaan berkelanjutan adalah aspek terbaru dan terpenting dalam membangun rumah sustainable yang ramah lingkungan. Dari kran hemat air, hingga perangkat pemanen air hujan, sistem perpipaan yang berkelanjutan memungkinkan kita memanfaatkan penggunaan sumber daya yang lebih efisien sehingga rumah sustainable yang ramah lingkungan dapat terwujud.

  • Pilihan dekorasi interior rumah

Kita semua tahu bahwa cara membangun rumah sustainable adalah tentang bagaimana kita dapat mengurangi pemborosan dalam hal produksi, termasuk saat kita memilih barang dekorasi untuk rumah kita. Ingatlah, bahwa barang-barang dekorasi pada rumah sustainable yang ramah lingkungan merangkul pentingnya tanggung jawab lingkungan, baik itu menggunakan bahan ramah lingkungan atau memfungsikan kembali furnitur bekas.

eco-friendly housing, perumahan ramah lingkungan, sustainable housing, rumah masa depan

Rumah sustainable yang ramah lingkungan adalah tentang efisiensi dan kesadaran kita terhadap lingkungan.

Gerakan menuju masa depan yang lebih hijau kian populer. Bayangkan saja, hanya dengan melakukan beberapa perubahan untuk membuat rumah menjadi sustainable dan ramah lingkungan, kita tidak hanya dapat mengurangi jejak karbon, tetapi juga dapat membuat rumah kita lebih nyaman, bahkan menghemat pengeluaran bulanan kita!