Pentingnya Inspeksi Rumah Sebelum Pindahan

Berencana untuk membeli rumah pertama? Pastikan kamu memeriksa hal-hal berikut agar terhindar dari biaya tambahan di masa depan!

on budget renovation do it yourself
Minute Read

2 mins

Published

09.10.2021

Memiliki rumah yang diidam-idamkan pastinya menyenangkan! Meskipun kita sudah melihat foto-foto rumah impian di halaman digital berkali-kali, sebelum benar-benar pindah masih ada satu langkah lagi yang harus dilakukan yaitu, inspeksi rumah. Inspeksi rumah adalah penilaian visual dan pemeriksaan menyeluruh untuk menemukan kerusakan pada hunian. Langkah ini juga akan membantu kita memberikan gambaran bagian mana saja yang perlu diubah, diperbaiki atau direnovasi sesuai dengan selera yang diinginkan.

Meskipun kita bisa langsung menyewa jasa inspeksi rumah profesional, kita juga bisa melakukan langkah ini sendiri dengan berbekal checklist khusus untuk pemeriksaan rumah.

1. Periksa dinding dan lapisan cat

Pemeriksaan dinding penting untuk mengetahui ada cacat pada plesteran, permukaan yang tidak rata, keretakan, dan lubang pada dinding. Hal ini juga akan berguna saat memutuskan untuk melakukan renovasi di waktu yang akan datang

2. Cek saluran air dan fungsi parit untuk pembuangan

Cara mudah untuk melewati langkah ini adalah dengan menyalakan semua kran air yang ada di rumah baru. Uji coba ini punya tujuan untuk memastikan saluran pipa air dipasang dengan benar untuk menghindari penyumbatan ataupun kebocoran.

3. Inspeksi atap dan jendela

Pemeriksaan atap tentunya akan menyelamatkan kita dari kebocoran saat musim hujan tiba. Selain itu, pemeriksaan jendela juga penting untuk mendapatkan rumah dengan sirkulasi udara yang baik. 

4. Uji sistem kelistrikan

Saat inspeksi jangan lupa membawa charger handphone dan testpen sebagai pendukung. Untuk menguji listrik rumah baru, cobalah men-charge handphone di beberapa stop kontak yang berbeda. Jika tidak terisi dayanya, gunakan tespen untuk mengecek berfungsi atau tidaknya stop kontak yang ada.

5. Periksa lantai

Permukaan lantai yang tidak rata tentu akan membuat rumah tidak nyaman. Bawa bola dan gelindingkan di sekeliling ruangan. Jika permukaannya rata, bola akan menggelinding ke sudut rumah. Jika permukaannya tidak rata, bola akan berhenti di tengah ruangan.

6. Periksa kunci pintu dan gembok pagar

Keamanan adalah hal yang utama. Pastikan setiap kunci ruangan berfungsi dan aman dari kerusakan. Pastikan juga kita sudah punya gembok pagar untuk menambah sekuritas rumah dan seisinya.

7. Cek saluran AC dan furniture tambahan

Jika kita membeli rumah dengan perabot, penting untuk mengecek fungsi dan kecakapan barang-barang tersebut. Lihat apakah sekrup dan mur pintunya terpasang dengan benar dan lengkap. Selain itu, coba nyalakan AC dan pastikan tidak ada air yang menetes dari salurannya.

Jika sudah selesai mengecek kelengkapan penting tersebut, kita sekarang bisa memastikan bagian mana saja yang akan direnovasi dan bagian yang perlu ditanyakan pada pihak penjual. Memiliki rumah baru mungkin akan membuat kita sedikit emosional, tapi jangan sampai gegabah dalam mengambil keputusan sehingga menyesal di kemudian hari. Selamat pindahan!