Macam-macam Tipe Apartemen di Indonesia

Tinggal di apartemen dengan lokasi yang strategis menjadi pilihan ideal bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi di daerah perkotaan. Dari beberapa tipe apartemen yang ada kita perlu menentukan apartement yang sesuai dengan kebutuhan dan dana kita!

modern living interior design. 3d rendering concept tipe apartemen di pasar porperti Indonesia
Minute Read

2 mins

Published

04.09.2021

Mencari hunian yang tepat untuk kebutuhan kita memang terdengar sederhana, tapi kenyataannya tipe hunian bisa sangat beragam! Kalau tipe rumah tapak dibuat berdasarkan luas bangunan, tipe tipe apartemen dibuat berdasarkan denahnya. Berikut beberapa istilah tipe apartemen yang banyak dipakai di pasaran!

Comfortable studio apartment design. Hotel room interior with bedroom area, living space and kitchen corner. Apartment and interior concept tipe apartemen di pasar properti Indonesia

1. Tipe Apartemen Studio

Apartemen tipe studio adalah salah satu tipe yang paling diminati dan umum di pasaran, terutama di daerah yang padat penduduk. Denah apartemen tipe studio adalah satu ruangan besar yang dipakai sebagai ruang tamu, ruang kerja, ruang makan, dapur, hingga kamar tidur, dan satu kamar mandi. Biasanya apartemen tipe ini memiliki luas tidak lebih dari 30 meter persegi.

2. Tipe Convertible

Tidak jauh berbeda dengan tipe studio, apartemen tipe ini hanya memiliki satu ruangan luas serbaguna dan satu kamar mandi. Satu-satunya hal yang membedakan apartemen tipe convertible dengan studio adalah ruang yang cukup besar untuk menambahkan partisi sebagai pembatas ruangan. Apartemen Convertible menawarkan bentuk yang lebih dinamis dan sedikit privasi bagi penghuninya.

3. Tipe Alcove

Sama seperti tipe apartemen studio dan convertible, tipe alcove hanya memiliki dua ruangan, yaitu ruang umum dan kamar mandi. Namun, berbeda dari yang lain, tipe alcove memiliki denah berbentuk L yang memberikan ilusi ruang terpisah. Sudut ini kerap kali digunakan sebagai kamar tidur karena dapat memberikan tambahan privasi!

Modern bedroom on mezzanine in loft style apartment with big window and brick wall tipe apartemen di pasar properti Indonesia

4. Tipe Apartemen Loft

Apartemen tipe loft merupakan salah satu tipe apartemen yang kini mulai menarik banyak perhatian anak muda. Selain karena denahnya yang simple, apartemen loft mudah untuk didesain dan dihias untuk terlihat menarik.

Apartemen loft pada dasarnya adalah apartemen studio dengan langit-langit yang tinggi. Banyak developer yang menggunakan space tambahan ini untuk membuat “loteng” yang seringnya dijadikan sebagai kamar tidur oleh penghuninya.

5. Tipe Apartemen 1/2/3 BR

Seperti namanya, apartemen dengan tipe ini digolongkan berdasarkan jumlah kamar tidurnya. Tipe 1 BR berarti satu kamar tidur, 2 BR dua kamar tidur, dan seterusnya. Denah apartemen tipe ini menyerupai rumah tapak karena memiliki ruangan-ruangan yang terpisah oleh tembok.

Salah satu istilah yang akan sering kita temukan untuk tipe-tipe ini adalah penambahan +1 atau +2 (contohnya tipe 2+1 BR), yang mengindikasikan adanya area tambahan dengan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk asisten rumah tangga para penghuninya.

6. Tipe Penthouse

Tipe yang satu ini sudah terkenal sebagai tipe termewah sebuah apartemen, yang biasanya terletak di lantai tertinggi dan memiliki beragam fasilitas pribadi, seperti lift pribadi, pemandangan 180, dan unit yang luas. Memiliki sebuah apartemen penthouse atau griya tawang tentunya memberikan prestise tersendiri bagi para pemiliknya.

modern living interior design. 3d rendering concept tipe apartemen di pasar porperti Indonesia

Setelah mengetahui tipe-tipe apartemen yang ada, kini saatnya menentukan pilihan yang tepat untuk kita dan keluarga! Jangan lupa untuk periksa juga hal lain yang akan mempengaruhi gaya hidup kita saat pindah ke tempat baru!