Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Rumah Tanpa DP

Penawaran kredit rumah tanpa DP terlihat sangat menggiurkan, terutama bagi Anda yang baru mendapat pekerjaan pertama!

cicilan rumah tanpa dp, zero down payment mortgage, pros and cons of no down payment, kelebihan kekurangan tanpa dp, cicil rumah, house mortgage
Minute Read

2 mins

Published

22.08.2022

Kita pasti sering menemui iklan penawaran kredit rumah tanpa DP hingga DP nol persen di berbagai tempat. Kemudahan ini tentunya menggoda kita untuk segera memiliki rumah tanpa perlu menabung dan menyimpan uang hingga jumlah tertentu. Namun, apakah skema pembayaran ini benar-benar menguntungkan? Yuk, timbang kelebihan dan kekurangan cicilan rumah tanpa DP di artikel berikut!

asian family buy new house in indonesia with no down payment, keluarga muda beli rumah di indonesia tanpa dp

Keuntungan

  • Kesempatan memiliki rumah impian semakin mudah

Uang muka merupakan hambatan terbesar bagi banyak orang yang ingin membeli rumah impian khususnya untuk pekerja yang memiliki penghasilan rendah. Program cicilan dengan DP kecil hingga 0% akhirnya menjadi solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena tidak perlu menabung sampai jumlah tertentu. Selain itu, kita juga bisa fokus untuk membayar cicilan dan bunga KPR di bulan berikutnya.

  • Berlaku untuk semua jenis properti

Tidak hanya rumah tapak, program beli rumah tanpa DP ternyata juga berlaku pada properti jenis lain seperti ruko, rumah susun hingga rumah kantor. Namun, program rumah tanpa DP ini hanya berlaku untuk pembelian properti pertama saja. Sedangkan, untuk kredit properti kedua dan seterusnya yang tidak lebih dari 21 meter persegi akan diberlakukan skema pembiayaan uang di muka karena sudah dianggap sebagai bentuk investasi.

bingung cara bayar cicilan rumah, rumah dicicil tidak lunas, rumah tidak lunas, frustated asian woman paying house mortgage

Kerugian

  • Tenor semakin lama dengan beban hutang yang besar

Program rumah tanpa DP memang memberikan kemudahan kita untuk dapat memiliki rumah tanpa harus menunggu tabungan cukup. Namun, nyatanya hal ini otomatis membuat cicilan menjadi semakin panjang dengan kisaran yang lebih berat. Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit rumah tanpa DP, sudah sewajibnya kita menyiapkan diri agar tidak mengalami kesulitan keuangan di masa mendatang. 

  • Ada indikasi bunga KPR yang naik tiap tahunnya

Program kredit rumah biasanya memiliki fixed rate atau tingkat bunga tetap pada tahun pertama. Setelah melewati satu tahun, kita akan dikenakan floating rate atau periode bunga mengambang yang berlaku untuk tahun-tahun tenor berikutnya. Dengan bunga cicilan yang semakin berat, kita mulai perlu mengantisipasinya dengan perencanaan keuangan yang cermat agar tetap dapat membayar cicilan dengan tenang. 

Jika Lokals masih tertarik untuk membeli rumah dengan metode DP 0% setelah mengetahui plus dan minusnya, segera lakukan perhitungan keuangan jangka panjang dengan cermat. Dengan begitu, kita tidak akan terjebak dalam masalah finansial di kemudian hari!