Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah

Punya impian membangun rumah sendiri? Perhatikan enam hal berikut sebelum mulai membangun rumah yang sempurna!

building house considerations, perhatikan hal sebelum bangun rumah
Minute Read

2 mins

Published

24.06.2022

Membangun rumah menjadi salah satu mimpi terbesar beberapa orang. Seperti halnya berinvestasi dalam jangka panjang, tentu kita ingin memiliki rumah yang mencerminkan kepribadian dan keinginan kolektif penghuninya. Oleh karenanya, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah. Yuk perhatikan poin-poin penting berikut!

rencana anggaran, financial planning, membangun rumah, constructing house, anggaran membangun rumah, building house budget, budget planning

  • Rencanakan anggaran

Perencanaan anggaran merupakan bagian terpenting dari proses membangun rumah. Sebelum memulai, kita harus membuat anggaran keuangan dengan cermat. Selain anggaran dana utama, pastikan juga untuk menyiapkan anggaran lebih besar dari yang diperkirakan untuk dana darurat.

  • Pertimbangkan lokasi dan lingkungan sekitar

Memiliki lokasi rumah yang strategis dapat memudahkan kita kepada akses transportasi dan fasilitas umum lainnya. Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi, membangun rumah di lokasi strategis bisa jadi investasi untuk masa depan. Selalu periksa kelengkapan surat dan keadaan tanah sehingga kita terhindar dari tanah yang masih dalam sengketa.

rencana pembangunan, construction planning, membangun rumah, constructing house, rancangan membangun rumah, building house planning

  • Rancang denah dan desain rumah

Langkah awal dalam membangun sebuah rumah adalah menentukan desain rumah yang sesuai dengan selera kita. Lakukan perancangan rumah dan desain yang tepat dengan mempertimbangkan fungsional hingga perabotan yang dibutuhkan nantinya. Dengan begitu, kenyamanan dan kepuasannya pun akan lebih terasa.

  • Dapatkan izin pendirian bangunan

Setelah memiliki rancangan rumah, pastikan gambar desain tersebut sudah disetujui oleh pemerintah lewat pengajuan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB. Hal ini penting supaya kita mendapatkan petunjuk dari pemerintah tentang tata cara perencanaan yang tidak melanggar dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

material bangun rumah, pilih material terbaik, choosing building material, building house material

  • Mencari tukang atau kontraktor yang terbaik

Tampilan rumah yang apik sangat dipengaruhi oleh performa tukang atau pekerja yang mengerjakannya. Setelah melewati tahapan di atas, sudah saatnya kita mulai untuk mencari referensi kontraktor, tukang dan mandor yang memiliki reputasi dan standar kerja yang efisien. Selalu komunikasikan konsep dan desain rancangan yang diinginkan pada pengawas proyek atau mandor bangunan yang bertanggung jawab untuk meminimalisir kekeliruan.

  • Cari material yang tepat dan sesuai anggaran

Saat pekerja didapat, ini saatnya untuk menyiapkan material untuk membangun rumah impian! Selain membeli material secara tunai, kini banyak penyedia material bangunan yang menyediakan metode pembelian secara kredit. Selalu awasi penggunaan bahan bangunan agar rumah kita tetap kokoh dan tahan akan setiap iklim yang dihadapi.

Lokals, itulah beberapa poin yang wajib diperhatikan sebelum membangun rumah. Selalu rencanakan jauh-jauh hari, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan dan siap dengan hal-hal diluar dugaan ya!