Fakta di Balik Murahnya Rumah Lelang

Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan salah satu impian yang ingin dipenuhi banyak orang. Selain membeli rumah melalui developer dan langsung dari pemilik sebelumnya, rumah juga bisa dibeli melalui pelelangan.

Auctioned house, Indonesia house auction system, buying auctioned house
Minute Read

3 mins

Published

03.02.2021

Dengan harga properti yang terus naik setiap tahunnya, rasanya semakin sulit untuk memiliki sebuah rumah. Mengingat rumah merupakan salah satu kebutuhan utama dan dasar setiap orang, kita terbiasa dengan dua cara untuk membeli rumah — tunai dan melalui Kredit Pemilikan Rumah atau disingkat dengan KPR. Namun sebenarnya, selain dari kedua cara membeli rumah tersebut, ada opsi lain yang bisa kita pertimbangkan, yaitu melalui lelang hasil penyitaan bank. Dalam perihal membeli rumah dengan harga rendah, rumah yang dijual di lelang biasanya memiliki harga lebih murah dan dibawah harga pasaran.

Lelang rumah dilakukan oleh kreditur untuk mencegah kerugian atas kredit yang telah disalurkan kepada debitur. Akibatnya, rumah yang dijual dalam lelang dihargai di bawah harga pasar. Selain lembaga lelang pribadi — BTN, Mandiri, dan BNI adalah tiga bank BUMN yang biasa menyelenggarakan lelang rumah secara publik.

Rumah yang dijual dalam lelang biasanya adalah rumah hasil sitaan bank, baik dari hutang-piutang atau pemilik rumah yang tidak dapat melunasi cicilan KPR mereka. Selama lelang, penawar dapat memutuskan harga sebuah rumah dengan memahami harga pasaran di daerah tersebut. Oleh karena itu, membeli properti melalui lelang menjadi  lebih murah daripada membeli dari agen real estat.

Ingatlah, walaupun rumah di lelang dihargai di bawah harga pasar — bank sebagai pencetusnya telah menetapkan batas harga minimum, jadi tidak akan ada tawar-menawar yang sewenang-wenang.

Auctioned house, Indonesia house auction system, buying auctioned house

Hal Yang Perlu Diketahui

Meskipun lelang dapat dilakukan secara online dan langsung, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk dapat membeli rumah lelang, dan yang pertama adalah mendaftarkan diri ke pihak swasta atau Kantor Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang ditunjuk oleh Bank. Kemudian, akan ada sejumlah 20% -25% uang jaminan yang harus dibayarkan, tetapi akan dikembalikan jika kita tidak memenangkan lelang — jika kita memenangkan lelang atas rumah tersebut, biaya tersebut harus dibayar penuh dalam jangka waktu yang telah ditentukan .

Sebelum kita mengajukan penawaran, perlu diketahui bahwa rumah yang dijual dilelang jarang dalam kondisi sempurna. Masih ada kemungkinan bahwa kita masih perlu untuk melakukan beberapa perbaikan atau renovasi pada rumah, yang berarti kita juga harus memastikan untuk membuat anggaran tambahan untuk waktu dan uang kita untuk perbaikan. Meskipun demikian, membeli rumah lelang dengan harga murah berarti kita menabung banyak uang.

Ingat, setiap saat ketika membeli rumah, penting untuk melakukan penelitian tentang lingkungan sekitar untuk tidak hanya mengenal daerah terdekat dan properti itu sendiri tetapi juga untuk memahami harga pasar sebelum mengajukan penawaran.

Keuntungan Membeli Rumah Lelang

Selain harganya yang di bawah harga pasar, membeli rumah lelang pun aman. Meskipun kita harus tetap memastikan semua kelengkapan sertifikat rumah – termasuk IMB dan pajak properti, properti yang disita dan kemudian dilelang oleh bank akan selalu diperiksa dan dipastikan semua dokumen rumah sudahlah lengkap.

Auctioned house, Indonesia house auction system, buying auctioned house

House with ‘Auction Sign’ against blue sky

Keuntungan lain dari membeli rumah lelang adalah keringanan pajak yang diberikan. Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) merupakan tolak ukur pembayaran pajak dari rumah lelang, yaitu pembelian atau penjualan tanah dan bangunan yang berasal dari risalah lelang. Hal ini membuat pajak yang harus dibayar oleh pembeli rumah jauh lebih rendah daripada membeli rumah dengan cara biasa.

Rumah lelang yang menawarkan harga murah menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki properti pribadi dengan harga terjangkau. Tapi ingat, membeli rumah lelang disertai dengan persyaratan untuk melunasi properti dalam waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, dalam hal ini, kita perlu memiliki dana yang besar agar proses lelang berjalan lancar.

Namun, kita dapat mempertimbangkan untuk mengajukan KPR jika kita tidak memiliki cukup dana untuk melunasi lelang rumah pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan cara ini, KPR bisa membantu kita mendapatkan rumah dengan harga lebih murah, sementara itu kita pun bisa membayar lebih sedikit dengan memahami simulasi pinjaman cicilan rumah.