Cara Memeriksa Keaslian Sertifikat Tanah

Akhir-akhir ini banyak muncul kasus sertifikat tanah palsu. Pelajari cara mengecek keaslian sertifikat tanah untuk terhindar dari penipuan!

indonesian property documents, sertifikat tanah, ppjb, ajb
Minute Read

3 mins

Published

14.11.2021

Membeli sebidang tanah di Indonesia bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi dan keterbatasan lahan, masyarakat berlomba-lomba untuk membeli lahan terbaik dengan harga terbaik, baik itu di kota, pinggiran kota, bahkan pedesaan. Tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran, pasti akan membuat masyarakat kehilangan akal sehat dan rawan penipuan.

Permasalahan seputar sertifikat tanah merupakan hal yang lumrah di Indonesia, mulai dari sengketa tanah berskala kecil hingga sengketa tanah tingkat nasional, hal ini dikarenakan terbatasnya informasi publik mengenai tanah yang terdaftar dan betapa mudahnya memalsukan sertifikat tanah dengan bantuan pejabat yang tidak bertanggung jawab.

Sertifikat tanah merupakan dokumen penting dalam transaksi properti, dan memiliki sertifikat tanah palsu tentu akan memberikan masalah hukum dan pembelian kita akan dianggap tidak sah.

indonesian property documents, sertifikat tanah, ppjb, ajb, Indonesian land agency, Badan

Apa itu Sertifikat Tanah?

Sertifikat Tanah adalah bukti legal kepemilikan dan hak seseorang atas tanah atau properti. Sertifikat tanah resmi yang dimiliki harus berupa sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Sertifikat tanah merupakan dokumen negara, maka dari itu, sertifikat tanah dicetak oleh Peruri yang dipercayakan kepada Badan Pertanahan Nasional.

Sertifikat tanah merupakan alat pembuktian yang legal mengenai data fisik tanah dan data yuridis yang terkandung. Dokumen ini merupakan alat bukti yang sah karena memuat data mengenai surat ukur dan buku tanah yang bersangkutan.

Ada beberapa jenis sertifikat tanah untuk setiap aspek dalam sebuah properti. Ada Sertifikat Hak Milik, Sertifikat Hak Guna Bangun, Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun, Sertifikat Hak Guna Usaha, dan Akta Jual Beli.

 Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Ada beberapa cara untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah kita. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan

  1. Kunjungi Badan Pertanahan Nasional setempat

Badan Pertanahan Nasional atau BPN adalah lembaga pemerintah yang berfungsi melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kita bisa mengunjung kantor BPN untuk mengecek keaslian sertifikat tanah.

Pastikan untuk membawa bukti pendukung seperti bukti pembayaran pajak bumi (PBB) terbaru, sertifikat tanah yang asli, fotokopi identitas pemohon, surat permohonan, serta identitas pemohon dan surat kuasa jika permohonan dikuasakan kepada orang lain. Biasanya pengecekan sertifikat tanah tidak akan memakan waktu lama dan hanya membutuhkan biaya Rp 50.000 hingga Rp 100.000. 

Jika ada kejanggalan pada sertifikat tanah, BPN akan mengajukan plotting untuk memastikan data dalam bentuk melalui teknologi GPS (Global Positioning System). Namun jika ternyata sertifikat tanah yang diperiksa itu asli, maka BPN akan memberikan stempel atas sertifikat tersebut.

  1. Pemeriksaan online

a. Aplikasi seluler resmi BPN

Ada beberapa aplikasi mobile yang bisa kita gunakan untuk mengecek keaslian sertifikasi tanah, yaitu BPN Go Mobile, KiosK, dan Sentuh Tanahku.

Untuk BPN Go Mobile tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui handphone Android. BPN Go Mobile memiliki layanan yang tidak jauh berbeda dengan website resmi BPN.

Aplikasi KiosK mobile merupakan media yang tersedia di lobi kantor BPN, sehingga kita dapat mengecek keaslian sertifikat tanah tanpa bantuan petugas.

Dan yang terakhir adalah aplikasi Sentuh Tanahku yang dapat diunduh melalui Google Playstore dan App Store. Kita dapat menggunakan nomor layanan yang sama dengan BPN Go. Namun, aplikasi ini memiliki fitur tambahan berupa penghitungan biaya yang dibutuhkan.

indonesian property documents, sertifikat tanah, ppjb, ajb, cek keaslian dokumen, check document originality

b. Kunjungi www.atrbpn.go.id

Selain menggunakan aplikasi, pengecekan sertifikat tanah juga dapat dilakukan secara online di website resmi BPN. Pemilik tanah dan calon pembeli dapat memeriksa keaslian sertifikat. Melalui halaman ini kita dapat mengetahui informasi jenis-jenis jasa pertanahan beserta persyaratannya, jangka waktu, alur proses penyelesaian dan informasi biaya jasa beserta simulasinya, serta informasi tentang berkas permohonan.

  1. Menggunakan layanan PPAT

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan mengunjungi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang berwenang membuat akta sesuai dengan peraturan perundang-undangan. PPAT dapat membantu kita memeriksa keaslian sertifikat tanah secara detail. Kita dapat menggunakan layanan PPAT jika tidak memiliki waktu luang untuk mengunjungi BPN.

  1. Periksa sendiri

Kita dapat memeriksa sendiri keaslian sertifikat tanah yang kita miliki! Sertifikat tanah asli yang diterbitkan oleh BPN memiliki sampul hijau muda, sedangkan beberapa sertifikat palsu biasanya berwarna abu-abu bahkan cenderung lebih gelap.

Indikasi lain yang bisa kita cek adalah stempel dan tanda tangan yang dikeluarkan oleh BPN. Dari warna stempel hingga bentuk tanda tangan, kita bisa menentukan apakah cocok dengan sertifikat asli atau tidak.

 

Itulah empat cara berbeda untuk mengecek keaslian sertifikat tanah. Tetap waspada ketika melakukan transaksi properti, selain karena harganya yang mahal, membeli properti adalah salah satu keputusan terpenting dalam hidup.