6 Istilah KPR yang Harus Kamu Ketahui

Lokals, sedang berencana membeli rumah dengan KPR? Berikut beberapa istilah yang perlu kita kenali sebelum mengajukan KPR ke Bank!

Istilah dalam KPR, istilah dalam KPA, ilmu properti, property whiz, mortgage term, smart home buyer
Minute Read

2 mins

Published

17.02.2022

Mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah sebuah keputusan besar, maka sangat penting untuk kita memahami istilah yang terkait dengan KPR untuk terhindar dari kesalahan atau kekeliruan saat mengambil KPR. Apalagi jika kita belum pernah berurusan dengan KPR sebelumnya, istilah-istilah dalam KPR bisa sedikit membingungkan.

Lokalist hadir untuk menjelaskan beberapa istilah penting dalam KPR, jadi pengetahuan kita setara dengan pakar real estat mana pun!

Istilah dalam KPR, istilah dalam KPA, ilmu properti, property whiz, mortgage term, smart home buyer

Suku Bunga KPR

Tingkat bunga KPR adalah persentase pinjaman yang ada yang kita pinjam dari pemberi pinjaman. Perlu diingat, semakin tinggi tingkat bunganya, semakin tinggi pula cicilan yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Jadi, mungkin akan lebih baik jika kita mencari pemberi KPR yang memiliki bunga paling rendah.

Take Over KPR

Take over KPR bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah ketika nasabah KPR ingin mengalihkan KPRnya ke bank lain untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil atau mereka sudah tidak sanggup lagi membayar angsuran KPR setiap bulannya. Dimana KPR yang sedang berjalan akan menjadi tanggungan pembeli rumah selanjutnya. 

Uang muka

Uang muka adalah jumlah yang kita bayarkan untuk menerima pinjaman KPR yang mencakup harga pokok dan bunga KPR kita. Biasanya semakin tinggi uang muka yang kita bayarkan, akan semakin rendah tingkat bunga KPR kita nantinya.

Masa Tenor KPR

Saat memutuskan untuk mengajukan KPR, kita akan menentukan tenor KPR. Tenor KPR menentukan berapa lama kita harus membayar kembali pinjaman kita, mulai dari 5, 10, 15, hingga 25 tahun sebelum pemberi pinjaman mendapatkan hak untuk menuntut pinjaman yang belum dibayarkan.

Istilah dalam KPR, istilah dalam KPA, ilmu properti, property whiz, mortgage term, smart home buyer

Appraisal

Appraisal adalah proses yang dilakukan oleh pihak netral untuk menentukan nilai dan harga sebuah rumah. Penilaian dilakukan sebagai pertimbangan untuk mengukur kemampuan kredit seorang pembeli.

Agunan

Agunan adalah suatu aset atau barang berharga yang dititipkan oleh debitur kepada pemberi pinjaman sebagai jaminan. Artinya, jika pembeli gagal membayar hipoteknya, maka agunan akan berpindah kepemilikan kepada pemberi pinjaman sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

 

Itulah enam istilah penting dalam KPR yang perlu kita ketahui sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR. Ingat, jadilah bijak dan cerdas sebelum melakukan pembelian besar kita!