Mau Membangun Rumah? Ikuti 5 Tips Ini!

Sudah capek mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan? Bangun rumah impianmu sendiri saja!

Minute Read

4 mins

Published

02.02.2021

Sudah capek mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan? Bangun rumah impianmu sendiri saja!

happy asian family couple building house project

Keuntungan membangun rumah sendiri

Mungkin kita punya idealisme tersendiri akan rumah pertama yang kita inginkan. Seperti ruangan apa saja yang harus dimiliki, ukurannya, hingga suasana dan tema yang diinginkan. Membangun rumah sendiri merupakan solusi untuk membuat rumah impian menjadi kenyataan.

Terlepas dari kerugian dalam segi waktu dan tenaga, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari membangun rumah sendiri.

  • Menghemat biaya
    Membangun rumah bisa jadi lebih hemat daripada membeli rumah baru, terutama jika dibandingkan dengan membeli rumah dari pengembang. Tidak hanya lebih hemat sejak membeli, kita juga akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk pemeliharaan dan renovasi yang pasti akan dilakukan jika kita membeli rumah jadi.Membangun rumah baru juga berarti kita dapat memutuskan utilitas dan teknologi yang kita inginkan! Kita bisa memotong tagihan listrik dan air dengan menambahkan panel surya, sumur air tanah, dan mengutak-atik desain untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami dan pergerakan sirkulasi udara. Efisiensi energi tidak hanya baik untuk dompet kita, tetapi juga untuk lingkungan.
  • Personalisasi
    Keuntungan terbaik dari membangun rumah sendiri adalah kita bisa mempersonalisasi rumah sesuai dengan keinginan kita! Mulai dari tata letak, ukuran ruangan, lantai, dinding, warna cat, hingga bentuk lubang kunci. Kita juga bisa membangun ruang rahasia untuk gudang agar rumah terlihat lebih rapi!

5 tips membangun rumah sendiri

Seperti yang sudah disebutkan, membangun rumah sendiri membutuhkan usaha yang lebih besar. Namun jangan khawatir, kita dapat membuatnya jadi lebih mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Penganggaran, Perencanaan dan konsultasi
    Saat memutuskan untuk membangun rumah sendiri, kita mungkin sudah memiliki gambaran tentang fitur apa yang ingin dimiliki, jenis rumah, dan mungkin bahan yang ingin digunakan. Namun sebelum kita langsung terjun dan membangun rumah, kita harus melakukan perhitungan anggaran.Dari menetapkan berapa banyak anggaran yang akan kita alokasikan untuk bahan dan tukang, target tenggat waktu, dan rencana untuk pengembangan di masa depan jika kita menggunakan konsep rumah tumbuh.Kita bisa melakukan konsultasi dengan beberapa arsitek untuk membantu mewujudkan bayangan akan rumah idaman. Temukan arsitek yang mau memberikan konsultasi secara gratis atau dengan harga terjangkau.
  2. Mendesain rumah
    Saat kita mendesain rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti:
    Apa tujuan dari rumah tersebut? Apakah untuk ditinggali sendiri, dijual, atau disewakan?
    Seperti apa gaya rumah di lingkungan sekitar? Bagaimana kita bisa menerapkan gaya dari lingkungan sekitar ke rumah kita?
    Bagaimana bentuk tanah kita? Apakah di lereng atau bukit, bagaimana bentuk jalannya?
    Apakah ada peraturan tertentu untuk bangunan di daerah tersebut?
    home construction project worker builder planning
    Gunakan pertimbangan ini sebagai pedoman. Hal yang utama adalah tetap mengikuti visi kita saat membangun rumah impian. Jika kita menyewa arsitek, kita bisa dengan mudah mempertimbangkan aspek-aspek ini sambil tetap mempertahankan desain ideal dari rumah impian kita.
  3. Menyewa kontraktor
    Setelah mendapatkan denah lantai, sekarang saatnya memulai proses konstruksi. Karena tidak ada material yang siap pasang di Indonesia, lebih masuk akal untuk menyewa kontraktor atau pemborong. Penting untuk menemukan tim yang efisien, jujur, aktif, dan komunikatif. Mereka harus dapat mengikuti tenggat waktu yang diberikan tanpa harus mengurangi kualitas.Untuk rumah pribadi, orang Indonesia biasanya menyewa pemborong. Berbeda dari kontraktor resmi, pemborong tidak memiliki lisensi atau badan hukum resmi. Tidak perlu khawatir soal hasil pekerjaannya, karena mereka biasanya memiliki tim yang memiliki spesialisasi dalam tiap aspek dalam pembangunan rumah, seperti pemasangan listrik, pipa ledeng, hingga perkayuan.Sebuah tip dalam memilih tim yang tepat adalah dengan menanyakan proyek mereka sebelumnya sebagai referensi. Kita bisa mendatangi rumah yang telah mereka bangun dan bertanya kepada pemilik rumah tentang kinerja dan kepuasan mereka terhadap rumah tersebut.
  4. Lakukan survei material
    Sama seperti window shopping untuk pakaian, kita juga harus window shopping bahan bangunan. Meskipun kita dapat mengontrol berapa banyak biaya yang dikeluarkan, faktanya belanja material bangunan tetap akan menjadi pengeluaran terbesar dalam anggaran.
    home building project material planning
    Dengan memperhatikan perbedaan harga setiap bahan di toko-toko berbeda hingga kekurangan dan kelebihan dari setiap merek, kita dapat menemukan bahan terbaik yang sesuai dengan anggaran yang tersedia. Jangan lupa untuk menuliskan bahan-bahan yang dibutuhkan dan perkiraan jumlahnya agar tidak diakali oleh kontraktor.
  5. Tetapkan deadline untuk tiap ruang
    Memberikan tenggat waktu tidak hanya penting sebagai pedoman bagi para pekerja yang membangun rumah kita, tetapi juga mencegah kita menghabiskan terlalu banyak dana untuk membayar tukang. Semakin lama proyek selesai, semakin lama kita mempekerjakan para tukang, maka semakin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk upah.
    Tuliskan tenggat waktu penyelesaian untuk setiap langkah konstruksi; kapan harus menyelesaikan fondasi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun ruangan tertentu, kapan harus menyelesaikan saluran air dan listrik, batas waktu pemasangan atap, ubin lantai, pengecatan, dan kapan eksterior rumah harus selesai.
    Jika dikejar waktu atau memiliki anggaran yang terbatas, kita dapat menggunakan konsep ‘rumah tumbuh’. Prioritaskan membangun bagian-bagian penting rumah terlebih dahulu dan selanjutnya, kita dapat melanjutkan rencana pembangunan rumah impian bagian demi bagian seiring berjalannya waktu.

Membangun rumah sendiri adalah pilihan yang sempurna bagi orang-orang yang telah memiliki gambaran jelas tentang rumah ideal yang mereka inginkan. Kita bisa mengatur bentuk dari setiap ruangan, material, gaya interior, hingga pencahayaan dan alur udara dalam rumah. Jika kita memiliki cukup waktu, biaya, dan tenaga untuk membangun rumah sendiri, jangan ragu untuk membuat rumah impianmu jadi kenyataan!