5 Alasan Kenapa Investasi Properti di Kampung Halaman Bisa Menguntungkan

Kampung halaman yang penuh dengan memori masa kecil bermain di lingkungan yang asri, kini telah berubah menjadi jalan raya dan bangunan baru

investasi di kampung halaman menguntungkan, property investment in hometown, Indonesia hometown property investment
Minute Read

3 mins

Published

11.01.2022

Salah satu faktor terpenting saat kita akan memulai investasi properti adalah menentukan lokasi yang tepat. Pertanyaan yang kerap kali muncul adalah, “apakah kampung halaman kita menjadi tempat terbaik untuk investasi properti?”

Memilih tempat yang tepat untuk berinvestasi di real estat bukanlah hal yang mudah, dan membuat keputusan untuk menentukan lokasi yang tepat sangatlah sulit mengingat banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan sebuah lokasi untuk investasi properti.

Lokalist sudah mengumpulkan beberapa alasan mengapa kampung halaman bisa jadi tempat terbaik untuk kita memulai investasi properti. Yuk, simak artikelnya!

alasan investasi di kampung halaman menguntungkan, reasons why property investment in hometown, Indonesia hometown property investment

Seperti rumah sendiri

Kita tentu menginginkan lingkungan dan kota yang bisa kita cintai dan merasa nyaman untuk ditinggali. Rasanya, tidak ada yang bisa mengalahkan rasa nyaman dari kampung halaman, tempat kita dibesarkan.

Saat hendak membeli rumah dan berinvestasi baik untuk rumah liburan jangka pendek atau sewa jangka panjang, pikirkan tentang membeli properti di kota yang kita sudah kenal baik—dan tempat apa yang lebih baik untuk berinvestasi daripada kampung halaman kita sendiri?

Kota yang familiar

Saat memilih properti investasi, kita perlu mempertimbangkan banyak hal termasuk lokasi. Dengan berinvestasi di kampung halaman, kita akan dapat menggunakan pengetahuan lokal untuk membantu menemukan tempat atau rumah untuk investasi yang paling menguntungkan.

Hal ini juga akan memudahkan kita untuk mengetahui harga beli pasar, jumlah harga sewa yang bersedia dibayar oleh calon penyewa dan berapa ekuitas yang bisa kita peroleh karena kita familiar dengan kondisi pasar properti di kampung halaman. Ingat, kunci sukses investasi properti adalah mengetahui pasar dengan baik.

Return lebih tinggi dibandingkan dengan kota besar

Kota-kota kecil sering diabaikan dalam hal investasi. Banyak orang berduyun-duyun ke kota-kota besar karena dirasa lebih memiliki nilai investasi yang lebih besar dibanding kota-kota kecil. Pemikiran itu biasanya membawa mereka ke jalan investasi dengan berisiko tinggi.

Padahal, jika kita ingin melakukan investasi di bidang real estat, kota-kota kecil bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih mengetahui harga rumah di kota-kota kecil jauh lebih rendah karena persaingan yang lebih sedikit di antara pembeli, oleh karena itu berinvestasi di kampung halaman akan memberi kita return yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi properti di kota besar.

alasan investasi di kampung halaman menguntungkan, reasons why property investment in hometown, Indonesia hometown property investment

Kompetisi lebih sedikit

Seperti disebutkan sebelumnya, alasan mengapa harga real estat lebih rendah di kota kecil adalah persaingan yang lebih sedikit di pasar — termasuk persaingan dengan investor properti lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, harga perumahan di sebagian besar kota-kota besar di negara ini terus mengalami kenaikan. Dalam beberapa kasus, rumah baru dijual dengan harga dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat dari harga aslinya.

Pernahkah terpikirkan, apa yang akan terjadi jika kita berinvestasi di kampung halaman? Kita akan menjadi salah satu dari sejumlah investor real estat yang bisa mendapatkan keuntungan dari investasi properti tanpa khawatir kehilangan tawaran kepada investor lain.

Pembangunan infrastruktur baru

Tidak hanya di kota-kota besar, pedesaan maupun kota-kota kecil lainnya mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pembangunan perumahan dan infrastruktur baru juga mulai bermunculan, seperti pembangunan jalan tol dan fasilitas transportasi publik.

Banyak orang mulai menemukan peluang yang menjanjikan dan mempertimbangkan kota-kota kecil sebagai tempat yang tepat bagi orang untuk berinvestasi di properti.

Berinvestasi properti memang cukup riskan, namun jika berhasil menemukan lokasi yang tepat, kita dapat meminimalisir resiko-resiko yang dapat terjadi. Kampung halaman bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai investasi properti karena kita mengenal daerah dan masyarakatnya. Juga, dengan persaingan yang lebih sedikit, risiko kerugian juga semakin berkurang dibandingkan berinvestasi di beberapa kota besar di mana hal ini dapat menghasilkan hasil yang menguntungkan untuk kita.