10 Aktivitas Favorit ala Lokal di Sumatera yang Harus Dicoba

Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terindah yang terletak di bagian barat Indonesia yang memiliki beragam keindahan alam serta flora dan fauna yang unik.

Borneo, Kalimantan, Walkway,Canopy,Tour, Bridge,In,The,Rain Forest,Kota Kinabalu,
Minute Read

5 mins

Published

19.01.2021

Category

Panduan Area

Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terindah di Indonesia yang terletak di sebelah barat Indonesia. Di sinilah pemandangan tropis, gunung berapi, budaya yang unik, dan beragam hutan hujan berada. Sumatera memiliki banyak tempat menakjubkan dan aktivitas yang dapat ditelusuri—dan lebih lagi ketika kita menjelajahi tempat-tempat yang umumnya jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Dari danau hingga gunung berapi, ada banyak tempat untuk dikunjungi, dan tentunya banyak hal yang dapat kita lakukan di Sumatera. Berikut adalah beberapa hal menarik untuk dilakukan di Sumatera yang dapat kita coba untuk mulai menjelajahi bagian barat pulau tetangga Jawa tersebut.

Trekking di Bukit Lawang

Sumatera, Bukit Lawang, Bridge, Orang Utan Sanctuary

Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di bagian utara Sumatera dan di tepi Taman Nasional Gunung Leuser. Bukit Lawang adalah tempat di mana wisatawan dapat mendaki Gunung Leuser dan juga dikenal luas akan Suaka Orangutannya. Cara terbaik untuk menikmati Bukit Lawang adalah dengan melakukan trekking melewati hutan. Trekking melalui hutan hujan Sumatera merupakan sebuah petualangan, kita dapat melihat orangutan dan beberapa satwa liar lainnya yang hidup di habitat asli mereka—dan jika kita cukup beruntung, kita dapat melihat harimau Sumatera, gajah, rusa, babi hutan, dan hewan liar lainnya yang tinggal di hutan hujan tropis ini.

Menjelajahi Kota Medan

Medan, Indonesia, City, Explore

Merupakan kota metropolitan besar di Sumatera dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, Medan diesbut-sebut mirip dengan beberapa kota urban lainnya di Indonesia, namun sebenarnya masih banyak peninggalan sejarah budaya yang yang bisa ditemukan di kota ini—keragaman budaya telah mengubah Medan menjadi kota multikultural di antara lanskap perkotaan dengan pesona kolonial Belanda yang kental. Mulai dari petualangan kuliner atau sekedar menikmati pemandangan, Medan adalah tempat yang ideal untuk liburan yang sempurna.

Menjelajahi Pulau Samosir

Samosir Island, Lake Toba, Sumatera, Indonesia

Pulau Samosir adalah pulau vulkanik yang terletak di dalam kawah Danau Toba di Sumatera yang juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Pulau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang dahsyat ribuan tahun lalu dan sekarang menjadi rumah bagi peninggalan dan budaya Batak yang mempesona. Di pulau ini, selain menikmati keindahan alam yang tiada duanya, kita juga dapat melihat rumah tradisional yang unik. Pulau ini menawarkan danau yang mengeluarkan air panas secara alami untuk berenang, udara segar, dan trek petualangan yang tidak biasa, seperti air terjun paling megah dan paling tinggi di Indonesia, air terjun Sipiso Piso yang berada di sisi utara Danau Toba.

Mengejar Matahari Terbit di Gunung Sibayak

Mount Sibayak

Perjalanan penuh petualangan ke Sumatera tidak akan lengkap tanpa mendaki ke puncak gunung Sibayak di mana kita dapat menyaksikan matahari terbit. Gunung Sibayak terletak di Sumatera Utara dan dekat dengan kota Berastagi, Medan. Puncak Gunung Sibayang menjulang hingga 2.212 meter di atas permukaan laut, memberikan pemandangan Berastagi yang menakjubkan dan semua lanskap disekitarnya.

Mencicipi Cita Rasa Asli Kota Padang

Minangkabau dish, Padang culinary

Destinasi populer lainnya di Sumatera, dan dikenal sebagai rumah bagi makanan terbaik Indonesia. Masakan Padang yang paling diminati adalah Nasi Padang—sepiring nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pauk yang dimasak dengan campuran bumbu dan rempah-rempah yang merupakan salah satu daya tarik terbesar dari Kota Padang. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa cara terbaik untuk menemukan harta tersembunyi Padang adalah melalui wisata kuliner.

Berselancar di Pulau Mentawai

Mentawai Island, Indonesia

Pulau Mentawai bukan hanya rumah bagi hutan hujan yang eksotis ataupun flora dan fauna yang unik, Pulau Mentawai juga merupakan surga selancar bagi para penggemarnya. Terletak di Sumatera Barat, Pulau Mentawai memiliki pantai yang indah dan ombak besar yang melegenda. Untuk dapat mengunjungi Mentawai, kita harus terlebih dahulu pergi ke Padang di Sumatera Barat dan melanjutkan perjalanan dengan kapal feri. Mentawai adalah tempat wisata terbaik, terutama bagi mereka yang mencari petualangan jauh dari kota.

Berkunjung ke Danau Maninjau

Lake Maninjau

Danau Maninjau adalah danau kawah besar di Sumatera Barat, Indonesia, dengan beberapa desa yang berada di sisinya. Terletak di Kabupaten Agam, Danau Maninjau memiliki pemandangan alam terbaik setelah Danau Toba dan merupakan tempat yang sempurna untuk merasakan gaya hidup pedesaan setempat atau untuk menyaksikan matahari terbenam. Danau ini memiliki air yang sangat jernih, dan saat kita berjalan menuju danau, kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan, mulai dari pemandangan sawah hingga rumah-rumah arsitektur tradisional Minangkabau.

Menyaksikan Pacu Jawi di Batusangkar

Bull Racing, Pacu Jawi, Batusangkar, West Sumatra, Indonesia, Bull

Cara terbaik untuk merasakan petualangan otentik di Sumatera Barat ini adalah dengan menyaksikan perlombaan Pacu Jawi Benteng di Batusangkar—festival ini merupakan tradisional budaya Matrilineal Minangkabau di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia setelah musim panen padi.

Menjelajahi Banda Aceh

Baiturrahman Mosque, Banda Aceh

Ibu kota dan kota terbesar dari provinsi Aceh di pulau Sumatera, Indonesia ini pernah dilanda bencana tsunami 2004 silam. Namun saat ini, Kota Aceh telah bangkit dan dibangun kembali menjadi kota yang indah untuk dijelajahi. Sebagai rumah bagi kopi Arabika Gayo, kota Aceh memiliki daya tarik untuk mereka yang mencari destinasi wisata yang terbilang kurang populer, namun memiliki banyak sumber alam yang indah untuk dijelajahi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini, mulai dari menyelam, snorkeling, hingga mendaki ke puncak gunung dan gunung berapi.

Pulau Banyak

Pulau Banyak, Exotic Island, Banyak Island, Sumatera

Terletak di utara Nias dan tenggara Simeulue, di lepas pantai barat Sumatera. Pulau Banyak, seperti namanya kepulauan ini terdiri dari 60 lebih pulau di Aceh, dan setiap pulaunya menawarkan ketenangan, air yang jernih, pantai pasir putih, kelapa, dan pepohonan kelapa sawit, hingga bungalow yang terletak tepat di pinggir pantai. Pulau Banyak adalah tempat terbaik untuk menikmati suasana jauh dari hiruk pikuk kota.

Sumatera memang pulau dengan pemandangan yang indah dan luar biasa, dimana kehidupan di pulau ini dikelilingi oleh banyaknya keindahan alam. Berbagai macam pemandangan dan atraksi yang sangat indah menawarkan berbagai hal yang menarik bagi setiap pengunjung pulau Sumatera. Tidak diragukan lagi, Sumatera menyimpan kekayaan budaya yang begitu berbeda dan unik, bahkan dari budaya Indonesia lainnya.