Yuk, Siapkan Ini Dulu Sebelum Mengubah Rumah Menjadi ‘Smart Home’!

Teknologi ‘Smart Home’ sudah lama ada di pasaran. Sudahkah kamu memakai produk ‘smart’ di rumah? Kalau belum, baca artikel ini untuk memulai!

mengenal konsep smart home, rumah pintar itu apa, kebutuhan rumah pintar, what is smart home, smart home necessities, installing smart home
Minute Read

3 mins

Published

10.03.2022

Konsep smart home sudah jauh dari kata baru. Teknologi smart home sudah ada dari beberapa waktu belakangan dan menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir karena kemampuannya untuk membuat hidup kita lebih mudah dan lebih efisien.

mengenal konsep smart home, rumah pintar itu apa, kebutuhan rumah pintar, what is smart home, smart home necessities, installing smart home

Tapi, apa sebenarnya smart home itu?

Smart home adalah rumah yang dapat melakukan berbagai fungsi secara mandiri, yang membuat rumah menjadi lebih nyaman, aman, dan hemat energi. Smart home dilengkapi dengan perangkat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, menggunakan sistem yang menghubungkan komputer dan perangkat selular dengan perangkat rumah tangga secara bersamaan.

Apa yang kita butuhkan untuk menjadikan rumah ‘smart home‘?

Ketika kita tertarik untuk mengubah rumah konvensional kita menjadi sebuah smart home, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal agar rumah kita siap untuk menjadi ‘pintar’.

  • Tingkatkan koneksi internet rumah

Smart home tidak akan mungkin terwujud tanpa koneksi internet, makanya kita akan membutuhkan kecepatan internet yang memadai agar semua perangkat dapat bekerja dengan sempurna. Yang perlu dipastikan adalah router kita dapat berkomunikasi dengan semua perangkat di smart home kita. 

mengenal konsep smart home, internet untuk rumah pintar itu apa, kebutuhan rumah pintar koneksi internet, what is smart home, smart home necessities, internet connection installing smart home

  • Tempatkan router di lokasi strategis

Penempatan router adalah salah satu faktor yang tidak boleh terlewatkan! Untuk perangkat pintar di smart home kita dapat bekerja secara efektif, perangkat tersebut harus terhubung ke koneksi internet yang stabil. Maka itu, tempat terbaik untuk menempatkan router internet di smart home kita adalah di bagian tengah rumah agar koneksi dapat menjangkau ke seluruh area rumah. Karena, kalaupun perangkat dapat tersambung ke koneksi internet yang lemah, itu hanya akan membuat mereka merespons perintah dengan lambat.

  • Siapkan anggaran untuk pemasangan

Banyak orang merasa bahwa biaya pemasangan fitur ini sangat mahal dan tidak terjangkau, maka tidak sedikit orang melakukan instalasi sendiri tanpa bantuan profesional. Jadi, kecuali kita tahu cara memasang perangkat pintar di rumah sendiri, lebih baik meminta bantuan seseorang untuk memasang perangkat pintar untuk smart home kita. Resiko dari pemasangan yang salah bisa berakibat cukup fatal untuk smart device baru kita dan bahkan untuk sistem lain dalam rumah. Ingat, selalu bersiap untuk munculnya biaya tambahan!

mengenal konsep smart home, rumah pintar itu apa, kebutuhan rumah pintar, what is smart home, smart home necessities, installing smart home

  • Rencanakan penempatan perangkat sebelum membeli!

Beberapa perangkat pintar seperti kunci pintu memang mengandalkan daya baterai, tetapi banyak perangkat pintar lainnya yang mengandalkan stop kontak agar dapat berfungsi. Ketika rumah kita tidak dibangun untuk menjadi smart home dari awal, kita mungkin akan mengalami beberapa masalah seperti penyediaan daya listrik. Jadi, sebelum membeli perangkat pintar pastikan di mana kita ingin menempatkan perangkat pintar tersebut sehingga kita dapat menambahkan lebih banyak stop kontak listrik di titik yang tepat dalam smart home kita.

Rumah masa depan sudah dekat! Teknologi telah mengubah hidup kita dalam banyak hal dan akan terus begitu di masa depan. Jadi, sebelum kita mengalihkan rumah kita menjadi smart home, pastikan kita telah menyiapkan semua hal agar smart home dapat berfungsi dengan maksimal dan dapat digunakan!