Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Biaya IPL Apartemen

Banyak orang memilih tinggal di apartemen karena keuntungan yang sesuai dengan gaya hidup. Tapi, sudahkah mereka mempertimbangkan biaya IPL?

apartment maintenance fee, harga ipl apartemen, uang iuran apartemen, apartment fees
Minute Read

3 mins

Published

23.10.2021

Rumah atau apartemen? Walaupun ada banyak keuntungan yang didapat dari membeli unit apartemen, penting bagi kita untuk memahami pro dan kontra dari sebuah apartemen sebelum membuat keputusan. Jika kemudahan akses dan fasilitas yang melimpah adalah faktor yang dicari, apartemen menjadi pilihan yang paling tepat karena tersedianya banyak fasilitas dan layanan lain, seperti gym, kolam renang, dan keamanan 24 jam.

Meskipun sekarang sudah menjadi hal umum bagi kebanyakan orang untuk memilih tinggal di apartemen daripada rumah, ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih untuk tinggal di apartemen, seperti biaya bulanan atau biaya Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) apartemen.

apartment maintenance fee, harga ipl apartemen, uang iuran apartemen, apartment fees

Apa Itu Biaya IPL Apartemen?

Bangunan apartemen dikelola secara profesional dan diurus oleh manajemen yang mengoperasikan semua fasilitas di dalam apartemen, seperti lift, landscape, saluran air, dan fasilitas umum lainnya. Selain jenis apartemen yang beragam, ada beberapa fasilitas dasar yang termasuk dalam biaya apartemen bulanan atau IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) yang wajib dibayarkan setiap bulannya.

Dasar Hukum Biaya Perawatan Apartemen

Biaya Perawatan Apartemen tidak dipungut sembarangan, ada peraturan hukum yang mengatur perawatan Apartemen untuk IPL.

Dasar hukum biaya pemeliharaan rumah susun atau IPL diatur dalam UU No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun. Yang menyatakan bahwa pembiayaan pengurusan harta benda, bagian dan tanah bersama ditanggung oleh pemilik atau penghuni.

Besarnya biaya pemeliharaan apartemen yang harus dibayar tercantum dalam Perjanjian Jual Beli atau Pengikatan Perjanjian Jual Beli (PPJB).

apartment maintenance fee, harga ipl apartemen, uang iuran apartemen, apartment fees

Berapa Biaya IPL Apartemen?

Besaran IPL ditentukan oleh pengelola atau pengembang dikalikan dengan luas apartemen per meter persegi.

Perhitungan biaya pemeliharaan apartemen adalah: Biaya IPL dasar dikalikan luas unit apartemen.

Besaran biaya IPL dasar untuk apartemen itu sendiri ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Pengurus Rumah Susun dengan penghuni atau pemilik rumah susun. Jadi, bisa ada perbedaan biaya untuk tiap apartemen per meter persegi, biasanya berkisar antara Rp 10.000,00 hingga Rp 80.000,00. Tapi sekali lagi, biaya IPL dari apartemen kita bisa lebih tinggi.

Setiap apartemen menawarkan fasilitas yang berbeda, biaya yang dikenakan untuk penghuni apartemen kelas menengah jelas akan jauh berbeda dengan biaya yang dikenakan untuk penghuni apartemen kelas atas. Sama halnya untuk biaya perawatan apartemen atau IPL yang berbeda-beda tergantung jenis unit. Semakin besar unitnya, semakin besar pula biaya yang harus kita bayarkan setiap bulannya.

Perhitungan Biaya Perawatan Apartemen

Mari kita ambil contoh unit apartemen seluas 36 meter persegi. Dengan IPL dasar untuk apartemen yang terdaftar adalah Rp 20.000,00 per meter persegi. Jadi untuk menghitung biaya pemeliharaan apartemen IPL adalah:

Biaya IPL Apartemen = IPL apartemen x luas satuan apartemen

Biaya IPL Apartemen = Rp 20.000,00 x 36 = Rp 720.000,00

Jadi untuk unit apartemen seluas 36 meter persegi akan dikenakan biaya IPL sebesar 720.000,00 per bulan.

apartment maintenance fee, harga ipl apartemen, uang iuran apartemen, apartment fees

Sesuatu yang harus diperhatikan sepenuhnya adalah ada kemungkinan bahwa dapat terjadi peningkatan pada biaya IPL. Namun, penghuni memiliki hak untuk mempertanyakan detail kenaikan biaya tersebut, termasuk perhitungan biaya dalam pengelolaan apartemen tempat kita tinggal.

Dengan memiliki pengetahuan tentang biaya pemeliharaan apartemen atau IPL yang harus dikeluarkan tiap bulan, kita bisa memiliki pertimbangan tambahan untuk memutuskan apakah tinggal di apartemen ideal untuk kita atau tidak.