Tips Memilih Perabotan Modern Minimalis

Mendesain rumah minimalis berarti kita memahami tentang kesederhanaan dari setiap sisi desain, termasuk perabotan di rumah.

Interior poster mock up with vertical wooden frames, wooden bench, rattan basket and stylish home accessories on white wall background. Scandinavian style 3D render, 3D illustration
Minute Read

3 mins

Published

27.10.2021

Mendesain rumah minimalis berarti kita memahami tentang kesederhanaan dari setiap sisi desain, termasuk perabotan di rumah. Memprioritaskan hal-hal penting dan tidak berlebihan adalah kunci untuk hidup yang minimalis. Maka itu, mendesain rumah minimalis lengkap dengan perabotan minimalis berarti kita sadar bahwa perkakas rumah sederhana bisa membawa kesan cantik ke dalam rumah kita.

Perabotan bukan hanya barang yang ada di dalam rumah, tetapi juga merupakan ‘aksesoris’ untuk menambah keindahan pada rumah kita. Perlu diingat, hanya karena furniture memiliki suatu fungsi, bukan berarti furnitur harus memiliki desain dengan detail yang rumit. Perabotan minimalis biasanya memiliki garis-garis yang tajam dan desain yang bersih tanpa banyak pola atau ornamen. Bahkan perabotan modern minimalis sudah menjadi favorit bagi banyak orang yang mencari gaya hidup lebih modern dan sederhana.

Blue bed with grey blanket against mountain wallpaper in simple bedroom interior with wooden cupboard

Blue bed with grey blanket against mountain wallpaper in simple bedroom interior with wooden cupboard

Keutamaannya

Meskipun minimalis adalah “kesederhanaan untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik”, penting untuk menanyakan pada diri kita, “apakah barang ini dibutuhkan di rumah?” sebelum memutuskan membeli suatu perabot

Berikut adalah 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah perabotan yang akan dibeli memenuhi kriteria ini. Pertimbangkan apa saja perabotan penting yang benar-benar dibutuhkan untuk rumah kita. Pastikan setiap perkakas yang dibeli memenuhi semua kebutuhan kita. Hindari pengeluaran berlebihan, catat semua yang kita butuhkan. Ukur dimensi ruangan, jadi kita hanya perlu membeli furniture yang sesuai dengan luas ruangan.

Pilih Skema Warna Sederhana

Buatlah palet warna netral, karena palet warna juga unsur penting pada suatu desain minimalis, termasuk perabotan modern minimalis. Kita menginginkan warna yang bisa berpadu ke tembok namun tidak terlalu mencolok. Pikirkan warna putih sebagai warna dasar, jadi warna seperti biru pastel, hijau muda, abu-abu lembut, hingga putih adalah warna yang bisa kita pilih.

Namun, bukan berarti palet warna minimalis harus membosankan dan monoton. Menambahkan sedikit warna yang kontras selalu menambah nilai estetika, seperti menggunakan barang-barang dengan warna cerah yang dapat menarik perhatian. Namun, satu hal yang harus dipastikan jika kita ingin menghadirkan sentuhan warna pada rumah minimalis, pilihlah warna yang nyaman untuk dipandang dan padukan warna tersebut dengan warna netral.

Stylish scandinavian living room interior with modern wooden commode, stylish lamps, plants, rattan basket, sculpture and elegant personal accessories. Mock up paintings on the white wall. Template.

Fokus pada Fungsi

Perabotan yang modern dan minimalis mementingkan kualitas daripada kuantitas. Setiap perabotan perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum masuk ke rumah kita — baik itu meja samping tempat tidur, sofa ruang tamu, ataupun meja rias — fokus pada setiap fungsinya, perabotan minimalis harus praktis dan dapat menjauhkan rumah kita dari sesuatu barang yang hanya berfungsi sebagai dekorasi.

Saat ini, ada banyak perabotan minimalis serbaguna yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan sekaligus. Seperti sofa yang dapat berubah menjadi tempat tidur atau rak buku yang memiliki fungsi ganda sebagai meja. Dengan begitu, kita dapat berinvestasi dalam furniture multifungsi!

Desain yang Sederhana

Biarkan furniture yang berbicara dari desainnya yang sederhana. Kita tidak perlu furniture dengan ornamen dan desain yang terlalu detail. Pemilihan desain furniture yang tepat dapat memberikan kesan estetik pada suatu ruang. Pilih furniture dengan bahan dan material yang mudah dibersihkan untuk segi perawatan, seperti furnitur kayu yang hanya membutuhkan kain lembab untuk membersihkannya.

Pilih Satu Furniture Untuk Menjadi Titik Fokus

Karena ada banyak ruang kosong dalam desain rumah minimalis, kita dapat menambahkan satu furniture yang berfungsi sebagai titik fokus tanpa membiarkan kesan ramai untuk suatu ruangan. Jangan menjadikan furniture dengan pola atau ornamen yang terlalu detail untuk dijadikan titik fokus. Pastikan furniture tersebut tetap memiliki desain yang sederhana.

Kita bisa memulainya dengan memilih furniture meja makan kayu dengan bentuk kayu yang unik untuk menarik perhatian setiap orang saat mereka berkunjung ke rumah kita. Atau pasang lampu gantung eksentrik untuk menambahkan titik fokus ke ruang yang memiliki desain minimalis.

Sekarang, dengan memiliki pengetahuan tentang cara memilih furniture modern minimalis untuk rumah kita tentu akan membantu dalam pencarian kita dalam membeli furniture yang pas dan cocok, dan jika kita sedang mencari furniture dengan desain minimalis, mari kita lihat beberapa toko perabotan lokal online dari daftar Lokalist!