Siap-siap Renovasi, Ini Desain Rumah Modern Pasca Pandemi

Akhir-akhir ini, banyak orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Yuk, buat rumah jadi lebih nyaman dengan beberapa cara berikut!

post pandemic house design, desain rumah paska pandemi
Minute Read

2 mins

Published

19.12.2021

Selama pandemi, kita diharuskan mengurangi kegiatan kita di luar rumah sebagai bagian dari menjalankan protokol kesehatan. Tanpa kita sadari, kita mulai menemukan cara baru untuk berinteraksi, bekerja, tidur, berolahraga, dan mencari hiburan. Oleh karenanya, desain rumah juga ikut berubah untuk memenuhi tuntutan saat ini. Di sini, para ahli memperkirakan bagaimana rumah kita akan berubah untuk menyesuaikan berbagai kegiatan yang berpusat pada rumah.

Lalu, seperti apa perubahan desain rumah modern pasca pandemi yang banyak jadi pedoman para arsitek dunia? Yuk, baca ulasan lengkapnya!

house with open space, house design post pandemic

1.Ruangan terbuka

Dengan banyaknya anjuran untuk mendapat sinar matahari yang cukup, kini banyak desain rumah-rumah terbuka. Selain untuk perputaran udara yang sehat, meja dan kursi yang disusun seperti ruang tamu luar ruangan akan memudahkan penghuni rumah untuk bertemu dengan teman dan keluarga dengan aman di masa pandemi.

2. Open Kitchen

Saat lockdown, banyak diantara kita yang mencari-cari kegiatan untuk mengisi waktu di rumah, salah satunya dengan memasak makanan sendiri. Diklaim lebih sehat, ternyata hobi memasak ini juga berkontribusi dalam merubah desain rumah. Alokasi dapur dengan konsep open kitchen akan mendekatkan setiap penghuni rumah dalam beraktivitas bersama.

work out at home, lahraga dalam rumah, workout space, area olahraga

3. Home Office

Tidak hanya melakukan hobi dan beristirahat, rumah pasca pandemi harus mendukung fungsi penting yang satu ini, yaitu bekerja dari rumah. Selain wajib memiliki pencahayaan dan sirkulasi yang bagus, pemilihan perabot seperti meja dan kursi premium khusus kantor bisa menunjang produktivitas karena bekerja jadi lebih nyaman lagi.

4. Ruang khusus untuk olahraga

Meskipun di dalam ruangan, kita juga dituntut untuk dapat berolahraga. Banyak orang hanya bisa berolahraga di rumah untuk mencegah terkena virus di tempat umum. Kita bisa mengalokasikan area kecil di rumah atau halaman belakang rumah untuk menyimpan berbagai peralatan gym. 

home office, work from home, working during pandemic, house design tips

5. Ruang sanitasi hingga no-touch toilet

Kini banyak orang juga ingin desain rumah dilengkapi area sterilisasi untuk desinfeksi atau mencuci tangan sebelum masuk rumah. Tidak hanya memudahkan penghuni untuk membersihkan diri setelah beraktivitas dari luar, ruang sanitasi ini juga dapat digunakan untuk tamu hingga kurir pengantar paket sebelum dibawa masuk ke dalam rumah. Bahkan kini sudah banyak desain no-touch toilet dan wastafel untuk instalasi dalam rumah agar lebih steril dan terbebas dari kuman.

 

Gimana, Lokals? Sudah siap renovasi dan melakukan penyesuaian untuk rumah pasca pandemi yang lebih nyaman?