Proses Jual Beli Rumah Aman dan Terpercaya

Bingung menentukan cara pembayaran rumah yang terbaik? Berikut beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk membayar rumah pertamamu!

Mortgage online application form on device screen. Business and finance concept.
Minute Read

2 mins

Published

21.09.2021

Membeli rumah pertama bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain prosesnya yang tidak bisa dibilang mudah, biayanya yang tidak murah membuat kamu harus memperhatikan setiap langkahnya dengan cermat dan tepat. Setelah memutuskan untuk membeli rumah, kamu harus menentukan cara pembelian rumah. Agar tidak salah pilih, pertimbangkan cara terbaik untuk membeli rumah sesuai kemampuanmu dengan memahami cara bayar ini!

house handover, couple purchase house, successful house purchase, safe house purchase, beli rumah aman, cara bayar rumah terpercaya

Pembayaran Tunai / Hard Cash

Membeli dengan cara tunai atau hard cash adalah cara paling baik. Meskipun ini berarti kamu harus menyiapkan banyak dana di awal pembelian, pembayaran tunai memiliki sejumlah keuntungan seperti terbebas dari kewajiban hutang dan bisa langsung dijadikan jaminan kredit ke bank. 

Untuk menghindari resiko, gunakan agen jasa properti profesional untuk membantumu. Agen ini juga bisa menjadi jembatan kamu untuk bernegosiasi dengan developer atau jasa pengembang. Selalu teliti dalam memeriksa dokumen dan kelengkapan rumah sebelum membayar ya!

Pembayaran Tunai Bertahap / Cash Installment

Secara garis besar, metode pembayaran hampir sama dengan pembayaran tunai namun dilakukan secara bertahap tiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Bisa dibilang cash bertahap ini merupakan gabungan antara metode pembayaran tunai dan KPR dengan jangka waktu yang lebih sedikit. 

Metode pembayaran cash bertahap ini dilakukan antara pembeli dan developer, sehingga penting untuk memilih developer yang terpercaya dan juga punya reputasi yang baik. Selain menyiapkan booking fee, penting untuk menyepakati Pra Perjanjian Jual Beli atau PPJB yang berisi spesifikasi bangunan, harga beli, jumlah cicilan per bulan, waktu pembayaran, dan waktu pengerjaan rumah. Setelah pelunasan, baru kamu bisa mendapatkan akta jual beli untuk mengurus Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Penambahan Nilai, dan sebagainya

KPR

Cara pembelian yang satu ini mungkin cukup diminati oleh milenial untuk mendapatkan hunian impiannya. Sistem pembelian KPR hanya perlu mengangsur atau mencicil rumah yang diinginkan setiap bulannya dengan jangka waktu tertentu dengan kisaran nominal yang lebih kecil.

Banyak KPR yang didukung oleh bank ternama di Indonesia, jadi kamu hanya perlu mendatangi bank dan minta informasi lokasi-lokasi rumah yang tersedia untuk kredit KPR. Setelah menemukan rumah yang sesuai dengan budget, kamu bisa memulai untuk membayar booking fee, uang muka KPR dan mencicil sisanya. Harga rumah, uang muka, besar cicilan, lama angsuran dan besaran gaji akan saling mempengaruhi satu dengan lainnya dalam proses pengajuan KPR-mu. Jadi, pastikan kamu punya credit score yang baik saat mengajukan KPR, ya!