Plus Minus Prefab Housing yang Ramah Lingkungan

Rumah prefabrikasi saat ini sedang populer sebagai cara baru untuk membangun rumah. Tapi, apakah lebih menguntungkan dari cara biasa?

prefab housing di indonesia kelebihan dan kekurangan rumah jadi pros and cons
Minute Read

3 mins

Published

29.12.2021

Tertarik dengan rumah ramah lingkungan yang autentik dengan harga murah? Mungkin ini saatnya kamu mulai mencari tahu tentang rumah prefab. 

Secara general, rumah prefab disebut juga dengan rumah modular karena terdiri dari komponen buatan atau rakitan pabrik menjadi panel modular. Modul yang sudah jadi kemudian dibawa ke lokasi bangunan untuk disusun dan dibuat sesuai konsep desain yang ada. Tidak hanya sebagai hunian tempat tinggal, kini material prefab banyak digunakan sebagai kafe hingga gedung perkantoran. Tertarik juga untuk memiliki rumah prefab? Yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan rumah prefab!

bahan rumah prefabrication material house in indonesia pros and cons

Kelebihan Rumah Prefabrikasi

1. Simpel dengan pengerjaan yang singkat

Salah satu kelebihan rumah prefab yang menjadi incaran property seeker adalah pengerjaan bangunan yang singkat dengan bahan yang sederhana. Pembangunan rumah prefab sepenuhnya dilakukan di pabrik, mulai dari perencanaan desain atau model hingga pembuatan komponen rumah. Baru setelah tahapan itu selesai, komponen akan dipindahkan dan disusun di lokasi rumah.

2. Hemat energi dan ramah lingkungan

Kita sudah seharusnya mulai berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon, salah satunya dengan memiliki rumah prefab. Selain menghasilkan lebih sedikit limbah dibandingkan seperti konstruksi rumah biasa, rumah prefab bisa dilengkapi dengan panel surya yang bermanfaat untuk tagihan bulanan dan juga lingkungan.

3. Biaya pembangunan terjangkau

Karena dibuat dari pabrik, material bangunan dalam jumlah besar menjadikan biaya pembangunan lebih rendah karena produsen akan mengetahui dengan persis berapa banyak bahan yang perlu mereka gunakan untuk setiap proyek. Harga rumah prefabrikasi biasanya dihitung per meter persegi dengan jumlah separuh lebih rendah ketimbang harga rumah konvensional.

4. Tahan Gempa

Meskipun dibuat dengan sistem modular dan terkesan ringkih, nyatanya rumah prefab lebih tahan gempa dari rumah biasa. Struktur rumah prefab dibuat dengan baja ringan yang saling terikat sehingga lebih tahan guncangan daripada material berat seperti di rumah konvensional.

membangun rumah prefab siap jadi kelebihan dan kekurangan prefabrication house di indonesia

Kekurangan Rumah Prefabrikasi

1. Ada batasan lokasi

Sebelum memiliki rumah prefab, pastikan kamu sudah yakin tinggal di daerah tersebut secara permanen. Selain belum banyak kota dan lingkungan yang memberi izin pada pembangunan rumah prefabrikasi, kita mungkin juga dapat mengalami kesulitan terkait batasan ukuran dan material, dan perjanjian lahan.

2. Terbatas untuk renovasi

Karena sudah dibuat di pabrik, pemilik rumah prefab mungkin akan kesulitan juga jika ingin merenovasi hingga penyesuaian. Kita bisa bebas memberikan sentuhan akhir rumah dalam rumah seperti warna, bahan untuk pintu dan lemari, bahkan paket peralatan, tetapi ukuran dan bentuk rumah tidak bisa dikostumisasi.

membuat rumah prefab di indonesia kelebihan dan kekurangan making prefabrication house pros and cons

3. Biaya tambahan

Dengan harga rumah yang lebih murah, ada beberapa biaya yang perlu kita perhatikan sebelum memiliki rumah prefab seperti biaya pembelian lahan dan biaya pengujian tanah. Jika tanah yang ingin dibangun tidak dilengkapi saluran pembuangan lokal, kita mungkin harus mencari sistem septik dan memasang pipa ledeng, listrik, gas, dan kabel.

4. Lebih sulit untuk dijual
Risiko lain yang mungkin akan dialami saat kita memiliki rumah prefab adalah nilai jualnya yang lebih rendah dari rumah tradisional. Hal ini masih berkaitan juga dengan anggapan masyarakat mengenai kualitas rumah prefab serta sifatnya yang sementara.

membangun rumah prefab siap jadi kelebihan dan kekurangan prefabrication house di indonesia

Semakin hits dan banyak diminati, para developer kini banyak menawarkan konsep rumah prefab sebagai alternatif tempat tinggal. Oleh karenanya, kita harus banyak melakukan riset dan informasi untuk menemukan developer terbaik khusus menangani rumah prefab ya, Lokals!