Pasangan Baru, Pilih Beli Rumah atau Sewa Rumah Kontrakan?

Beli rumah atau sewa? Dengan harga properti yang terus meningkat, apakah membeli rumah sendiri masih worth it?

renting house in indonesia or buying house in indonesia, sewa rumah atau beli rumah
Minute Read

4 mins

Published

08.10.2021

Memiliki rumah memang prioritas dan impian bagi setiap orang, termasuk generasi milenial yang baru memulai karir dan ingin memiliki rumah idaman untuk pertama kalinya, ataupun pasangan baru. Pertanyaan perihal membeli atau menyewa rumah memang kerap kali menjadi dilema tersendiri dalam pencarian rumah idaman.

Apalagi dengan harga properti yang semakin tinggi setiap tahunnya, membuat tak sedikit orang yang bingung dengan pilihan membeli rumah dengan cicilan KPR atau sewa rumah. Tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa sewa rumah sama seperti ‘membuang uang’ karena uang yang dikeluarkan untuk tempat tinggal kurang menghasilkan. Padahal, sewa rumah artinya kita memiliki tempat untuk tinggal selama masa sewa tersebut.

Namun, baik itu sewa rumah atau beli rumah baru, keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya sendiri, hanya bagaimana kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kita.

renting house in indonesia or buying house in indonesia, sewa rumah atau beli rumah

KEUNTUNGAN SEWA RUMAH

  • Hemat Biaya dengan Harga yang Lebih Terjangkau

Terutama bagi kita yang belum memiliki anggaran atau siap secara finansial untuk membeli rumah, sewa rumah menjadi pilihan untuk menghemat biaya. Karena seperti yang kita tahu, untuk membeli rumah, kita juga memerlukan biaya Down Payment, booking fee jika kita membeli rumah melalui developer atau pengembang. 

Dengan sewa rumah, kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya lain-lain seperti pengurusan dokumen, kecuali pemakaian listrik dan air yang biasanya dibebankan kepada penyewa. Karena itu, harga sewa yang juga lebih terjangkau dibanding membeli rumah, terutama untuk sewa rumah di pinggiran kota besar.

Namun, walau sewa rumah bisa menjadi pilihan untuk penghematan biaya, biaya sewa rumah per tahun akan lebih hemat dibandingkan kita menyewa rumah secara bulanan. Jadi, jika kita bertujuan untuk menghemat biaya, pilihlah sewa rumah dengan kontrak pertahun.

  • Cocok Bagi yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Jika kita adalah orang yang tidak bisa menetap di satu daerah, alias lebih menyukai untuk berpindah-pindah kota setiap beberapa tahun, atau bahkan kita sering ditugaskan oleh tempat kita bekerja untuk menetap di suatu daerah selama jangka waktu tertentu, memilih untuk sewa rumah adalah pilihan yang tepat dan lebih nyaman untuk tinggal sementara.

Melihat hal itu, maka kita hanya membutuhkan hunian untuk jangka waktu tertentu dan kemudian kita dapat berpindah tempat lagi, tanpa memusingkan urusan jual-beli rumah. Kita bisa menyesuaikan jangka waktu sewa rumah supaya kita terhindar dari kerugian.

KEKURANGAN SEWA RUMAH

  • Tidak Memiliki Aset

Jika kita membeli rumah, apabila kita telah selesai mencicil, maka rumah tersebut menjadi milik kita. Setelah cicilan sudah dilunaskan, ada kemungkinan nilai rumah naik beberapa kali lipat sehingga menghasilkan keuntungan ketika kita ingin menjualnya. Lain halnya jika kita menyewa rumah, maka dana yang kita keluarkan setiap tahun adalah untuk biaya sewa dan jika masa sewa sudah berakhir, kita tetap tidak memiliki hak milik untuk rumah tersebut.

  • Tidak Bisa Leluasa Mendesain Rumah

Karena rumah yang kita sewa bukanlah milik kita, kita memang tidak bisa mengubah desain rumah sesuai kemauan kita. Kita tidak diizinkan untuk melakukan renovasi besar tanpa seizin pemilik rumah. Di luar keterbatasan untuk mendesain atau renovasi rumah, hal yang lebih penting adalah untuk mementingkan kenyamanan tempat tinggal kita. 

Sebagai gantinya, kita mungkin bisa mempercantik desain rumah dengan memberi furnitur-furnitur yang sesuai dapat mengimbangi keestetikaan rumah yang kita sewa atau bahkan mempercantik halaman depan atau belakang rumah dengan menambahkan tanaman hijau.

Buying or renting a house? Which one is for you? With property price keeps rising every year, is buying a house still worth it?

KEUNTUNGAN BELI RUMAH

  • Memiliki Rumah Berarti Memiliki Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah sama artinya dengan melakukan investasi jangka panjang, di mana jangka panjang juga bisa berperan sebagai harta yang dapat warisan. Juga, dengan harga properti yang naik setiap tahunnya, kita dapat meraih keuntungan dari capital gain, yang berarti keuntungan yang kita dapatkan dari berasal harga rumah yang naik dan membuat nilai aset kita bertambah dari waktu ke waktu. 

  • Memiliki Hak Penuh Atas Rumah Tersebut

Dengan membeli rumah, artinya kita memiliki hak sepenuhnya atas rumah tersebut, di mana kita berhak untuk menjadikan rumah tersebut sebagai bisnis baru, termasuk menyewakannya kembali atau bahkan berhak untuk menjualnya kembali.

KEKURANGAN BELI RUMAH

  • Resiko Terjebak di Properti yang Salah dan Kredit Macet

Bukan sebuah rahasia lagi kalau biaya menjadi penghalang seseorang dalam membeli rumah, maka itu Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah jalan keluarnya. Namun, tidak sedikit sebenarnya yang pada akhirnya tidak sanggup untuk melunasi atau melanjutkan cicilan rumah mereka, di mana akhirnya pihak bank atau developer akan menyita rumah tersebut untuk menutup kerugian. 

Membeli rumah juga merupakan sebuah komitmen. Jadi, jangan sampai kita terjebak di properti yang salah, seperti lingkungan yang tidak sehat, rawan banjir, kurang strategis, atau rawan tindak kriminalitasnya. Yang berujung akan menyusahkan kita untuk menjual properti kita kedepannya nanti. 

Maka, sebelum kita mengajukan KPR kepada bank, hitung berapa anggaran yang mampu kita keluarkan, jangan sampai cicilan rumah menjadi beban untuk kita kedepannya. Juga melakukan survei lingkungan sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah.

  • Biaya Maintenance dan Pajak Bumi dan Bangunan

Sebagai pemilik properti, kita berkewajiban untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap waktunya, dan jika terlambat tentunya akan dikenakan biaya denda. Selain itu, biaya maintenance juga harus masuk ke dalam pertimbangan kita. Biasanya, jika rumah kita mengalami kerusakan dan diperlukan perbaikan, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Dengan memiliki sebuah properti, kita harus siap dengan biaya perawatan tidak terduga tersebut. Ditambah biaya listrik dan air yang juga harus kita bayarkan tiap bulannya.

Jadi, lebih baik beli rumah atau sewa rumah? Semua kembali lagi kepada kebutuhan kita. Jika kita cenderung jarang menetap di suatu tempat atau kita belum memiliki finansial yang matang, memilih untuk sewa rumah adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kebutuhan kita adalah untuk investasi jangka panjang dan kita sudah memiliki kesiapan finansial, maka ada baiknya jika kita memilih untuk membeli rumah.