Olahraga Air yang Harus Kamu Coba di Indonesia

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Indonesia, salah satunya adalah olahraga air. Dari Pulau Sabang di utara hingga Pulau Merauke di Barat, dijamin kita akan menemukan pengalaman baru!

Kite boarding. Kitesurf freestyle at sunset in Bali Indonesia
Minute Read

5 mins

Published

23.03.2021

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Dari pemandangan yang indah, hewan yang eksotis, hingga makanan yang lezat. Selalu ada yang bisa kita lakukan di Indonesia, salah satunya adalah olahraga air. Perairan pertemuan dari Samudra Pasifik dan Samudera Hindia menciptakan taman bermain yang sempurna di Indonesia, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman yang seru dan mendebarkan.

Bersiaplah untuk mendapatkan adrenalin dan pengalaman tak terlupakan karena olahraga air ini tidak boleh dilewatkan saat kita menjelajahi Indonesia!

  1. Scuba Diving & Snorkeling

Snorkeling at the Underwater Sculptures of Gili Meno, Lombok, Indonesia.

Walau jarang berolahraga, snorkeling adalah pilihan yang tepat untuk melihat-lihat keindahan bawah laut. Jika kita menginginkan pengalaman yang lebih mendalam, kita bisa mendaftar untuk mencoba beberapa kelas scuba diving supaya kita dapat menyelam lebih dalam dan berenang bersama banyak hewan laut yang lebih unik.

Tempat menyelam terindah di Indonesia ada di Pulau Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat sering dinominasikan sebagai tempat terbaik untuk menyelam menurut Majalah Dive. Kalau ingin berjumpa dengan binatang laut yang lebih unik, kita dapat pergi menyelam di Pulau Derawan, Kalimantan Timur dimana kita dapat bertemu dengan ikan hiu paus yang merupakan spesies ikan terbesar di dunia atau melihat makhluk laut yang mirip alien yaitu pari manta dan mola-mola di Pulau Nusa Penida, Bali.

  1. Berselancar

children surfing in bali indonesia ocean surf

Indonesia terkenal sebagai salah satu surga selancar dunia. Dengan hamparan pantai dari wilayah barat hingga timur Indonesia, tak terhitung banyaknya lokasi selancar yang bisa kita kunjungi untuk mengasah kemampuan berselancar dan menaklukkan gulungan ombak di lautan. Berselancar juga merupakan olahraga yang tidak akan pernah membosankan. Menari-nari di atas ombak dengan menggunakan papan selancar tentunya memberikan sensasi berbeda bagi tiap peselancar.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat surfing yang terkenal di kalangan para peselancar mancanegara, salah satunya adalah pantai Sorake dan Lagundri yang terletak di Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedua tempat selancar ini dikenal oleh para peselancar internasional sebagai “The Point” dan “Indicator” dimana ombaknya dapat mencapai hingga 4 meter.

Lokasi terkenal lainnya yaitu Pantai Uluwatu dan Pantai Kuta di Bali,  Pulau Sipora di Sumatera Barat, Pulau Nihiwatu dan Rote di Nusa Tenggara Timur, Pantai Plengkung atau yang juga dikenal dengan G-Island di Banyuwangi, dan lokasi selancar yang unik yaitu di sungai Kampar, Riau.

  1. Arung jeram 

Group of people rafting on the river Elo, Magelang, Central Java, Indonesia

Olahraga air yang satu ini mampu memacu adrenalin kita sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Indonesia. Satu perahu biasanya terdiri dari 4 orang dengan satu orang pemandu, dan untuk mengikuti olahraga ini tentunya kita harus dalam kondisi prima.

Salah satu lokasi terbaik untuk melakukan arung jeram di Indonesia adalah Sungai Nimanga, Sulawesi Utara. Trek yang unik dan pemandangan yang indah menjadikan sungai Nimanga sebagai tempat arung jeram yang sempurna bahkan untuk pemula. Jika menginginkan trek yang lebih menantang, kita bisa pergi ke Sungai Serayu di Banjarnegara, Jawa Tengah, Sungai Citarik di Sukabumi, atau Sungai Ayung dan Sungai Telaga yang indah di Bali.

Spot lain yang tidak boleh terlewatkan adalah Sungai Asahan, Sumatera Utara yang disebut-sebut sebagai spot arung jeram terbaik ketiga di dunia, dan Sungai Alas, Aceh yang kerap dijadikan lokasi penyelenggaraan kejuaraan tahunan Aceh Leuser International Rafting Championship.

  1. Parasailing

Bali, Indonesia Paragliding or parasailing games in Tanjung Benoa

Jika kita mencari pengalaman yang tak terlupakan dan mendebarkan dengan kesempatan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan dari langit, maka parasailing adalah olahraga air yang tepat! Tantang diri sendiri dengan terbang di udara menggunakan parasut sembari ditarik mengelilingi tepi laut menggunakan speedboat. Parasailing juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi pasangan yang menginginkan sensasi berbeda karena tersedia juga wahana parasailing untuk dua orang.

Ada dua spot parasailing di Indonesia, dan keduanya berada di Bali yaitu di Tanjung Benoa dan Nusa Dua.

  1. Flyboarding

Silhouette of a flyboarding rider bali indonesia

Pernah membayangkan seperti apa rasanya terbang menggunakan jetpack? kita bisa mencobanya sendiri di Tanjung Benoa dan Nusa Dua, Bali! Flyboarding adalah kegiatan populer terbaru di Bali yang menggabungkan pengalaman berselancar dan Jet Ski. Perangkat Flyboarding akan mendorong kita ke udara dengan mengeluarkan air dari ujung sepatu. Jangan khawatir untuk terbang terlalu tinggi karena kita akan tetap terikat pada perahu.

Selain di Bali, kita juga bisa mencoba pengalaman flyboarding di Gili Trawangan, Lombok dan Pantai Losari di Makassar.

  1. Oceanwalker

Tourist enjoying ocean walker in

Ingin menikmati keindahan bawah laut tetapi tidak bisa berenang dan tanpa harus memiliki sertifikasi menyelam? Ada pilihan tur yang unik untuk kita. Seawalking atau Oceanwalking ini memungkinkan kita berjalan di dasar laut dengan helm yang dirancang khusus agar kita bisa bernafas dalam air. Ada beberapa operator seawalker di Bali, yaitu Bali Seawalker yang sudah lama berdiri yang tersedia di Sanur dan Tanjung Benoa.

Berjalan-jalan di kedalaman tujuh meter di bawah permukaan laut, kita dapat dengan bebas berinteraksi dengan ikan dan makhluk laut lainnya ditemani oleh pemandu yang akan memberikan kita pakan ikan untuk menarik gerombolan triggerfish, angelfish, regal tangs dan banyak lagi ikan lainnya.

  1. Kitesurfing

Kite boarding. Kitesurf freestyle at sunset in Bali Indonesia

Kitesurfing atau selancar layang mungkin tidak sepopuler selancar biasa, tetapi pastinya bisa memberikan sensasi menunggang ombak ke level berikutnya. Kitesurfing menggabungkan selancar dengan beberapa elemen wakeboarding dan bahkan sedikit layang-layang.

Dengan latihan beberapa kali, kita bisa berselancar dan ‘terbang’ di atas ombak dengan anggun. Kitesurfing adalah olahraga air yang ideal untuk dilakukan di hari-hari yang berangin, di mana akan sulit menemukan curl atau barrel yang bisa ‘dikendarai’. Pantai populer untuk kitesurfing di Indonesia termasuk Pantai Sanur dan Tanjung Benoa di Bali, Jeneponto di Makassar, Palu di Makassar, Îles di Wakatobi, Ekas di Kalimantan, dan Lakey Peak di Sumbawa.

 

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Indonesia. Dari Pulau Sabang di utara hingga Pulau Merauke di Barat, dijamin kita akan menemukan pengalaman baru. Perluas cakrawala dan penuhi bucket list kita dengan olahraga air saat bepergian dari satu pulau ke pulau lain!