Mengenal Teraso: Cara Menggunakan Desain Teraso Untuk Rumah

Terrazzo adalah material komposit yang memberikan kesan modern, klasik, dan tak lekang waktu yang biasa digunakan untuk aplikasi lantai, dinding, atau meja dapur.

terrazzo design on house application decoration pop of color
Minute Read

4 mins

Published

03.02.2021

Teraso (terrazzo) adalah material komposit yang terlihat modern, klasik, dan tak lekang oleh waktu. Material ini biasa digunakan untuk lantai, dinding, atau meja dapur. Teraso dibuat dari potongan marmer, batu alam, kuarsa, granit, kaca daur ulang, atau bahan lainnya yang dijadikan berbagai macam bentuk dan pola dan kemudian dipoles hingga berkilau. Proses tersebut menjadikan teraso sebagai material yang unik. Jangan takut kalau timbul sedikit obsesi terhadap teraso—desain yang dibuat dengan warna netral membuat material ini mampu memberikan sentuhan yang alami, hidup, dan mewah pada sebuah rumah.

Teraso terbuat dari beberapa bahan, ada yang memiliki bahan dasar semen yang tidak akan mengelupas atau kehilangan warna saat digunakan sebagai lantai luar ruangan. Lain halnya untu teraso berbahan epoksi yang hanya dapat digunakan sebagai material interior. Namun, baik itu teraso epoksi maupun semen, keduanya telah menjadi tren desain yang sangat populer karena motifnya yang cantik yang akan mempercantik desain sebuah rumah dan kualitasnya yang dapat bertahan lama.

Yuk cari tahu tempat terbaik untuk menggunakan desain teraso di rumah, kami telah mengumpulkan beberapa contohnya sebagai berikut!

Lantai

Terrazo floor application home fun tile

Tren teraso telah mendapatkan popularitasnya dengan sedikit sentuhan modern. Para desainer modern dan abad pertengahan telah jatuh cinta dengan aplikasi gaya teraso di dalam rumah. Material teraso yang terdiri dari marmer, granit, atau serpihan kaca menjadi tambahan yang bagus untuk sentuhan desain rumah modern karena keindahan dan keunikan lantai teraso menawarkan sesuatu yang berbeda dari desain lantai lain, salah satunya karena kemampuannya menonjolkan warna pada suatu ruangan.

Tampilan bahan yang alami membuat teraso menjadi lantai sempurna yang dapat dipadukan dengan warna apa pun. Berikut sebuah tips yang bisa diterapkan; teraso dengan pola dan warna netral akan berpadu sempurna dengan perabot dari bahan kayu alami.

Dinding

terrazzo tv wall accent pop of color home design

Teraso tidak pernah berhenti menjadi desain favorit untuk aplikasi dinding rumah. Ada banyak bahan dan gaya teraso yang bisa menjadi peluang bagus untuk mempercantik desain interior rumah. Namun, perlu diingat jika kita berencana memasang dinding teraso, pastikan pondasi rumah kita cukup kuat dan kokoh. Tidak hanya indah, dinding teraso juga tidak menyerap panas, hal ini dapat membuat rumah kita menjadi terasa sejuk selama musim panas, sangat cocok untuk kita yang tinggal di iklim tropis.

Dapur

Teraso seringkali digunakan di area dapur untuk memberikan aksen estetik ke sebuah permukaan seperti meja dapur, dinding dapur, hingga kitchen island.

Sedikit tips dalam menerapkan desain teraso di dapur; motif dari meja teraso tidak harus sama persis dengan lantai, tapi juga tidak boleh bersaing satu sama lain. Meja teraso tidak boleh terlalu kontras atau dramatis dari elemen lain. Misalnya, jika kita mendesain rumah dengan konsep minimalis, kita ingin motif yang minimalis juga pada teraso.

Meja dapur teraso akan memberikan sentuhan yang manis untuk dekorasi dapur. Selain itu, kitchen island dengan motif teraso dapat menjadi alternatif untuk memberikan aksen estetika pada keseluruhan area dapur. Sementara itu, kita juga bisa menggunakan ubin teraso pada sebagian dinding dapur untuk menambah dimensi, aksen, dan statement pada dapur kita.

Kamar mandi

terrazzo application on bathroom hose wall pop of color design

Karena materialnya yang tahan air dan terbilang awet, teraso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai dinding atau lantai di kamar mandi. Gunakan bathtub berwarna putih dengan sedikit aksen hitam dan motif bintik abu-abu dipadankan dengan lantai dengan ubin terrazzo putih akan menciptakan ruang kamar mandi bergaya minimalis. Selain itu, teraso dengan warna netral dengan bintik abu-abu dapat membuat ruangan terlihat sangat luas, modern, dan bersih.

Tidak hanya sebagai dinding dan lantai kamar mandi, ubin terrazzo juga bisa digunakan untuk wastafel atau meja rias kamar mandi, yang otomatis akan menjadi aksen menonjol di kamar mandi. Penggunaan teraso di wastafel atau meja rias dapat memberikan karakter dan kemewahan pada kamar mandi.

Permukaan furnitur

terrazzo stool pop of color item house decoration

Menggunakan teraso sebagai permukaan meja adalah salah satu cara untuk mendapatkan dekorasi rumah bergaya modern – meja kopi teraso hingga meja ruang makan dapat memberikan detail aksen yang elegan pada suatu ruang. Selain itu, permukaan meja teraso akan menjadi aksesori sempurna untuk dipadukan dengan lantai kayu, batu kapur, semen, atau jenis bahan lantai lainnya.

Ruang terbuka

Area terbuka rumah seperti taman atau garasi juga merupakan tempat lain dimana teraso dapat diterapkan. Teraso dari bahan semen bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diaplikasikan di ruang terbuka karena kokoh dan tidak licin sehingga cocok untuk lantai garasi, kolam renang, atau teras. Karena teraso semen dibuat dengan lebih sedikit polesan dan pengkilap, hal ini membuat permukaan lantai menjadi tidak licin dan menjadi material yang sempurna untuk garasi karena kekokohannya.

Banyaknya ragam bahan teraso membuat material ini menjadi tambahan yang menarik untuk desain interior dan eksterior rumah. Tidak hanya teraso bisa menjadi pelengkap desain yang cantik untuk rumah, teraso juga dapat membantu kita menghemat uang kita karena material ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan mahal.