Mau Mengajukan Pinjaman ke Bank? Cek Dulu Kredit Skor Anda!

Ketika mengajukan pinjaman untuk membeli rumah, bank dan instansi pemberi pinjaman memiliki perlindungan berupa Skor Kredit

Minute Read

3 mins

Published

07.12.2021

Sudah bukan berita baru bahwa banyak orang Indonesia bergelut dengan utang. Individu dan rumah tangga terus mencari pinjaman dan fasilitas kredit dari bank atau layanan pinjaman online untuk membiayai pengeluaran sehari-hari mereka dan untuk membayar mobil, rumah, gadget, pendidikan, dan bahkan biaya liburan. Memiliki satu-dua kartu kredit sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

woman counting credit score improve credit score

Apa itu kredit skor?

Ketika kita menggesek kartu kredit dan ‘tidak sengaja’ membeli barang yang berada di atas daya beli, atau lupa membayar tagihan PayLater, secara tidak sadar telah membahayakan kredit skor kita.
Credit Score atau Nilai Kredit adalah ukuran kelayakan kredit seseorang, berupa angka numerik yang digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan kredit seseorang dan kemampuannya untuk membayar kewajiban sesuai kesepakatan.
Lembaga keuangan seperti bank atau perusahaan keuangan menggunakan kredit skor untuk menganalisis kelayakan kredit seseorang sebelum mengambil keputusan.
Nilai kredit umumnya berkisar dari KOL (kategori kolektibilitas) 1 sampai 5. Semakin rendah KOL seseorang, semakin tinggi tingkat kelayakan kredit dan semakin kecil risiko yang harus ditanggung oleh lembaga keuangan, dan sebaliknya.

Apa arti dari skor yang ditunjukkan?

Skor kredit biasanya ditunjukkan dengan angka 300 hingga 850. Jika skor kredit kita di atas 720, maka termasuk dalam kriteria baik atau aman. Namun, jika di bawah 640, bank akan lebih memperhatikan kegiatan kredit kita, sehingga mungkin kita akan kesulitan mendapatkan pinjaman baru.

Sedangkan kategori kolektibilitas berdasarkan skor yang disajikan BI Checking adalah sebagai berikut:

KOL 1: Kredit Lancar, artinya debitur selalu memenuhi kewajiban membayar angsuran bulanan beserta bunganya sampai lunas tanpa pernah menunggak.
KOL 2: Kredit Dalam Perhatian Khusus atau DPK, artinya debitur tercatat mengalami tunggakan 1-90 hari atas angsuran kredit
KOL 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak 91-120 hari atas angsuran kredit
KOL 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak angsuran kredit selama 121-180 hari
KOL 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak angsuran kredit lebih dari 180 hari.

Happy young asian woman buying stuff from online retail and paying bills via banking application. Girl looking at credit card in her hand and fill data to mobile phone to complete purchase order..

Bagaimana cara memeriksa Skor Kredit?

Kita sekarang dapat memeriksa skor kredit secara online melalui SLIK dari OJK atau aplikasi seluler OJK untuk Android. SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah sistem informasi terbaru yang menggantikan BI Checking yang memberikan pengawasan informasi keuangan. SLIK OJK menghubungkan Bank Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan sehingga memudahkan proses berbagi data antar aplikasi. Hal-hal yang dapat diperoleh adalah catatan bank, laporan pemeriksaan bank, dan informasi terkait lainnya.

Bagaimana cara meningkatkan skor kredit?

  • Bayar tagihan tepat waktu
    Mungkin terdengar klise, tetapi tidak ada cara yang lebih baik untuk menghindari catatan kredit yang buruk selain membayar tagihan tepat waktu. Kita dapat memilih untuk menempatkan pembayaran pada auto-debet untuk menghindari lupa tanggal jatuh tempo pembayaran.
  • Periksa kelayakan kredit
    Selalu lebih baik untuk tetap terinformasi dan mengetahui kelayakan kredit kita. kses laporan kredit melalui SLIK oleh OJK.
  • Kurangi pengajuan kredit dan pinjaman
    Semakin banyak mengajukan kredit dan pinjaman yang di buat, semakin mereka mencerminkan profil kredit kita. Kurangi pengajuan dan hanya mengajukan pinjaman jika benar-benar diperlukan.
  • Lunasi hutang
    Menghindari membayar utang mungkin terasa nyaman tetapi sebenarnya tidak ada jalan keluar dari bahaya yang ditimbulkannya pada profil kredit kita. Lunasi hutang dan pinjaman kredit tepat waktu akan menguntungkan kita dalam jangka panjang.
  • Pertimbangkan konsolidasi utang
    Memiliki aliran kredit dan pinjaman yang berbeda terbukti dapat merugikan laporan skor kredit. Sebaiknya gabungkan akun utang yang berbeda agar dikelola dan dilunasi dari satu tempat.
  • Belanja dengan bertanggung jawab
    Kita dapat menjaga catatan kredit tetap ‘bersih’ dengan belanja secara bertanggung jawab. Susun anggaran, mengidentifikasi prioritas dan hidup sesuai kemampuan untuk menghindari terbentuknya utang.
    Lakukan pinjaman atau kredit pada saat-saat yang tidak dapat dihindari dan hanya ketika kita yakin dapat membayar tepat waktu.
  • Aktif Menggunakan Kartu Kredit
    Terakhir, meskipun mungkin terdengar bertentangan dengan poin di atas, bukan fakta yang umum diketahui bahwa menggunakan kartu kredit adalah cara untuk meningkatkan skor kredit dengan cepat. Jika selama ini kita memiliki kartu kredit, namun jarang digunakan untuk transaksi, mulai sekarang coba untuk menggunakannya sesekali. Tentu saja, gunakan kartu kredit dengan bijak, misalnya berbelanja di toko yang bekerja sama dengan bank dan memberikan berbagai promo menarik.

Mengajukan pinjaman atau utang sebenarnya boleh – bahkan dianjurkan – asalkan kita disiplin dalam membayar tagihan. Dengan begitu, skor kredit tetap sehat, berada di zona aman sehingga kita bisa dengan percaya diri mengajukan pinjaman baru ke bank.