Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menjual Rumah

Menjual rumah memang bukanlah proses yang mudah, ketahui faktor apa saja yang bisa mempercepat proses jual rumah dengan harga yang tepat!

how to sell your house, cara jual rumah yang baik
Minute Read

4 mins

Published

01.11.2021

Saat kita hendak menjual rumah, baik untuk pertama kali atau bukan, menjual rumah bukanlah proses yang mudah. Baik dalam hal logistik, dokumentasi, persiapan, hubungan emosional, dan segala sesuatu yang bersangkutan dengan rumah yang akan kita jual. Selain itu, tentu saja ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika kita akan menjual rumah.

Seperti yang kita ketahui, proses menjual rumah sangatlah memakan waktu dan menguras emosi yang cukup banyak, jadi bayangkan jika harus ditambah dengan menanggung konsekuensi dari kesalahan yang tidak sengaja dibuat. Tentu akan menghabiskan lebih banyak waktu, uang, dan energi. Jadi tidak ada salahnya memahami sedikit hal yang perlu diketahui tentang bagaimana kita dapat menghindari kesalahan dalam menjual rumah, kan? Dijamin, proses jual beli rumah kita akan semakin mudah!

bingung cara jual rumah, rumah dijual tidak laku, rumah tidak laku, frustated asian woman selling house

  • Memasarkan dengan Harga yang Terlalu Tinggi

Pasti ada sedikit keraguan dalam menentukan harga yang tepat untuk rumah kita. Tapi, satu kesalahan yang harus dihindari adalah memberikan harga yang terlalu tinggi. Karena faktanya, pembeli biasanya tidak akan menengok kepada rumah dengan harga yang tidak realistis.

Jadi, daripada menaruh rumah kita di pasar yang terus bergerak, dan rumah kita belum juga memiliki pembeli, mungkin kita ingin meneliti berapa harga rumah berdasarkan pasar, ukuran dan fitur serupa yang telah dijual di lingkungan sekitar sebelum memasarkannya.

  • Tidak Menyiapkan Biaya Tambahan

Menjual rumah mungkin terdengar seperti sesuatu yang akan menghasilkan keuntungan luar biasa. Hal itu tentu saja benar dan bisa terjadi. Tetapi hanya jika kita paham bagaimana melakukannya dengan benar.

Ada daftar yang harus diperhatikan saat menjual rumah. Mulai dari dokumen, negosiasi, hingga biaya tak terduga. Karena salah satu hal penting yang harus kita hindari adalah, menganggap remeh biaya untuk menjual rumah kita. Tidak ada yang lebih buruk daripada tiba-tiba harus membayar biaya yang membengkak karena kita tidak menyiapkan dana untuk hal tidak terduga.

Lalu, apa saja biaya tambahan yang harus kita persiapkan saat menjual rumah? Saat kita perlu menjual rumah dengan bantuan agen, kita perlu menyiapkan biaya untuk komisi agen. Ada juga biaya mulai dari pementasan open house hingga biaya penjualan. Selain itu, ada beberapa biaya wajib yang juga perlu kita antisipasi. Termasuk pajak dan biaya notaris.

Pajak penghasilan atau Pph

Pajak pendapatan ini dikenakan pada orang yang menjual rumah tersebut. Biasanya 2,5% – 5% dari harga jual rumah dibebankan. Pajak ini akan dianggap telah dibayarkan jika Wajib Pajak telah memotong, memungut, atau membayar sendiri, dalam hal ini penjual rumah.

Biaya notaris

Dalam melakukan penjualan rumah membutuhkan jasa notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang berdomisili di sekitar rumah yang dijual tersebut. Notaris sudah memiliki standar honor yang ditetapkan oleh pemerintah.

Meskipun biaya notaris adalah tanggung jawab dari orang yang menjual rumah, kita dapat menegosiasikan untuk berbagi tanggung jawab dengan pembeli untuk mengurangi beban biaya administrasi yang harus kita bayarkan. Dengan catatan, hanya jika pembeli setuju.

Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB

Pajak properti atau Pajak Bumi dan Bangunan biasanya dibayarkan dalam waktu satu tahun. Sebagai seseorang yang menjual rumah, sudah menjadi kewajiban kita untuk melunasi pajak sebelum rumah tersebut dijual kepada pembeli.

  • Tidak Memperbaiki Kerusakan dan Melakukan Renovasi yang Berlebihan

Mempercantik tampilan dan kondisi rumah kita merupakan langkah yang baik untuk membuat rumah kita dalam kondisi terbaik sebelum menjual ke pasaran. Karena ketika calon pembeli dihadapkan pada daftar masalah perawatan rumah, ada kemungkinan minat pembeli akan turun dan berpotensi menurunkan harga dan nilai jual rumah kita.

Di sisi lain, renovasi bisa menghabiskan biaya yang mahal. Jika ada pertimbangan melakukan renovasi untuk meningkatkan nilai rumah, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat prioritasnya. Renovasi tidak selalu menjadi hal terpenting yang harus dilakukan sebelum menjual rumah kita. Beberapa pembeli lebih suka mempersonalisasi ruang dan melakukan renovasi sendiri. Sebaliknya, lebih baik fokus pada perbaikan yang paling penting, seperti fasilitas yang rusak, dalam kondisi buruk, atau dapat mempengaruhi keamanan, struktur, atau fungsi rumah.

renovasi rumah, home renovation, cara jual rumah, how to sell your house

  • Hanya Menerima Penawaran Tertinggi

Meski tawaran tinggi terlihat lebih menguntungkan. Namun, penawaran tertinggi tidak selalu menjadi penawaran terbaik. Terbukalah untuk melakukan negosiasi. Rumah yang terlalu lama beredar di pasaran akan berdampak pada penurunan harga jual rumah.

Terkadang, orang yang memberikan penawaran tertinggi untuk properti kita memiliki persyaratan tertentu sebelum melakukan pembelian. Kita mungkin akan dihadapkan dengan beberapa kemungkinan untuk mengikuti kepentingan pembeli seperti kemungkinan pembiayaan atau perbaikan lain yang harus kita tanggung sendiri. Sebaliknya, orang yang menawarkan harga yang sedikit lebih rendah biasanya  lebih fleksibel tanpa adanya syarat-syarat tertentu.

Perhatikan baik-baik akan kemungkinan ini, karena dapat memengaruhi alur waktu penjualan rumah kita yang akan berujung pada penurunan nilai dan harga jual rumah, jika si calon pembeli secara tiba-tiba menarik tawaran mereka.

  • Menjual Rumah Tanpa Bantuan

Jika kita tidak memiliki waktu luang untuk melakukan semua proses pemasaran dalam menjual rumah atau tidak memiliki pemahaman mengenai pasar real estat, kita mungkin memerlukan bantuan dari agen. Tentu, kita akan dikenakan biaya lebih banyak untuk biaya komisi agen. Tetapi kita akan mendapatkan bantuan dari agen profesional yang sudah memiliki pengetahuan, pengalaman, dan waktu yang dibutuhkan untuk menjual dan memasarkan rumah kita.

Pilihan lainnya adalah mendaftarkan rumah kita di platform real estate. Memasarkan rumah di platform daftar real estat terpercaya memberi pembeli informasi tentang rumah yang akan dijual. Lokalist adalah platform real estate yang akan membantu Anda bertemu dengan orang-orang yang mencari rumah dijual dan siap untuk membeli. Dengan memasarkan properti di platform yang tepat akan memberikan rumah kita eksposur yang tinggi, tanpa adanya agen atau pihak ketiga lain yang ikut campur, jadi pembeli dapat langsung menghubungi kita sebagai penjual rumah.

Menjual rumah bukanlah proses yang mudah, dibutuhkan kerja keras untuk memasukkan rumah ke pasaran dan akhirnya terjual. Namun pada akhirnya, kita semua ingin agar proses penjualan rumah kita berjalan dengan lancar dan mudah, oleh karena itu langkah yang terbaik dan bijak adalah mempersiapkan beberapa checklist agar proses penjualan lebih mudah dan untuk terhindar dari kesalahan yang tidak diinginkan.