Ingin Membeli Rumah? Yuk Simak 4 Cara Mencari Rumah Idaman!

Dengan banyaknya hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari sebuah hunian, seperti dari lokasi, lingkungan, bangunan, hingga faktor harga, memilih rumah yang ideal bukanlah hal yang mudah.

Minute Read

3 mins

Published

03.09.2021

Membeli sebuah rumah merupakan sebuah investasi jangka panjang. Namun, di balik kesulitan-kesulitan yang ada, ada banyak cara dalam mencari rumah idaman. Nah, agar kita tidak menyesal ataupun merugikan kita secara finansial, yuk simak beberapa tips dalam pencarian rumah idaman kita!

House hunting, perfect home, finding perfect home, rumah idaman, temukan rumah idaman, properti idaman, properti impian, rumah impian

Pameran Properti

Kehadiran pameran properti selalu ditunggu-tunggu oleh para pencari rumah untuk berburu hunian idaman. Kehadiran pandemi pun tidak menjadi halangan untuk mengadakan pameran properti. Walau digelar secara virtual, pameran properti online tetap menjadi event yang dinanti oleh para pencari rumah, dan tak jarang, pengembang atau developer menawarkan berbagai macam pilihan properti dan memberikan promo terbatas yang menarik.

Keamanan dalam hal pencarian hingga transaksi pun pasti terjamin. Selain itu, tidak hanya proses administrasi pengajuan KPR yang menjadi dipermudah, di pameran properti kita bisa mendapatkan promo KPR dari bank, seperti bunga yang lebih ringan, cicilan fixed-rate, hingga tenor yang lebih panjang. 

Situs Properti

Apalagi di era modern ini, kita bisa langsung mengunjungi situs properti tanpa harus mendatangi proyek perumahan perusahaan pengembang untuk mencari rumah idaman. Situs properti juga memudahkan para pencari rumah untuk melihat pilihan rumah yang beragam bahkan di berbagai macam kota dan daerah, kita pun juga bisa melihat interior rumahnya melalui foto ataupun video.

Kita bisa mengumpulkan informasi dari berbagai rumah yang berbeda untuk dijadikan pertimbangan kita. Seperti Lokalist yang memberikan pilihan rumah dengan fitur dan informasi yang lengkap dan terpercaya. 

House hunting, perfect home, finding perfect home, rumah idaman, temukan rumah idaman, properti idaman, properti impian, rumah impian

Jasa Agen Properti 

Sebagai pembeli rumah pertama kali mungkin akan kewalahan dengan jenis-jenis rumah yang ada di pasaran. Maka itu, menggunakan jasa agen properti bisa menjadi opsi dalam pencarian rumah idaman karena biasanya kita tidak perlu meluangkan waktu mencari properti karena agen properti yang akan melakukan pencarian rumah untuk kita. 

Agen properti akan memberikan kita alternatif untuk kita pertimbangkan saat mencari rumah yang tentunya sesuai dengan budget atau anggaran yang kita miliki. Namun alangkah baiknya jika kita menggunakan jasa agen properti yang terpercaya.

Show Unit dan Survei Langsung

Proyek perumahan baru atau sedang dibangun oleh developer memiliki show unit yang dapat kita kunjungi. Di show unit, kita bisa mendapatkan penjelasan langsung dari staf marketing mengenai proyek properti yang sedang dibangun sekaligus melihat langsung gambaran rumah tersebut.

Atau, jika kita tidak mengincar proyek perumahan baru dari developer, kita bisa melakukan survei langsung ke setiap daerah yang kita incar satu per satu sekaligus melihat langsung kondisi rumah, kawasan sekitar, fasilitas sosial, dan fasilitas umum yang tersedia. 

House hunting, perfect home, finding perfect home, rumah idaman, temukan rumah idaman, properti idaman, properti impian, rumah impian

Nah, beberapa cara di atas bisa jadi panduan dalam mencari rumah idaman. Perlu diingat, setiap cara memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti dalam pameran properti, kita memang tidak bisa melihat langsung kondisi rumah, tapi kita bisa langsung mendapatkan banyak pilihan dari berbagai macam developer. 

Jika kita memilih untuk melakukan survei langsung ke daerah atau kota yang kita tuju, pastinya upaya yang kita butuhkan akan jauh lebih besar, namun di sisi lain kita dapat langsung melihat kondisi lingkungan sekitar. Tapi, kita juga bisa melakukan semua cara dengan efisien, seperti melakukan riset melalui situs properti seperti Lokalist, kemudian kita bisa langsung melakukan survei ke rumah yang kita incar.