Cara Menghitung Tagihan Air Rumah

Air bersih adalah fasilitas masyarakat yang diawasi oleh pemerintah daerah. Pelajari cara menghitung tarif PAM di artikel ini!

counting indonesian water  bill, menghitung tagihan air pam, meteran air, water meter, water tariff
Minute Read

3 mins

Published

25.11.2021

Penyediaan air minum di Indonesia dikelola oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai unit usaha daerah yang menyediakan dan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat umum dan biasanya memiliki kantor khusus yang beroperasi di berbagai wilayah.

PDAM berada di hampir setiap kotamadya, kabupaten, dan provinsi di seluruh Indonesia. Walau ada beberapa Perusahaan Air Minum (PAM) yang bukan milik Pemda, atau milik swasta seperti AETRA dan PALYJA. Sebagai sarana penyediaan air bersih bagi masyarakat, PDAM diawasi oleh lembaga eksekutif dan legislatif pemerintah dalam operasionalnya. Maka dari itu, pembayaran dan tagihan antar daerah mungkin memiliki prosedur dan harga yang berbeda.

Untuk menghindari kenaikan tagihan air secara tiba-tiba, kita perlu mengetahui cara menghitung perkiraan penggunaan air. Begini caranya!

counting indonesian water bill, menghitung tagihan air pam, meteran air, water meter, water tariff

1. Belajar membaca indikator PDAM

Sebelum mengetahui harga air rumah, kita perlu mempelajari cara membaca indikator air. Salah satu indikator yang paling umum digunakan adalah indikator mekanis yang memiliki dua set angka berwarna hitam dan merah. Angka yang berwarna hitam menghitung penggunaan air dalam m3 yang menunjukkan perhitungan tagihan, sedangkan angka yang berwarna merah adalah alat ukur untuk menunjukkan satuan serasah air yang digunakan.

2. Ketahui kode tarif yang dikenakan

Seperti disebutkan di atas, daerah yang berbeda memberikan tarif yang berbeda. Selain itu, jenis bangunan juga mempengaruhi jumlahnya. Misalnya, tagihan air untuk sebuah rumah sederhana akan jauh lebih murah daripada gedung perkantoran atau apartemen.

Sebagai contoh, di Jakarta tarif air untuk satu rumah tangga termasuk dalam kategori K III A dengan kode tarif 2A2 yang memiliki tarif per pemakaian air sebagai berikut (progresif):

  • 0-10 m3 = Rp 4.900
  • 11-20 m3 = Rp 6.000
  • 20 m3 = Rp 7.450

Untuk mengetahui tarif air di daerah kita, kita harus terlebih dahulu mengetahui perusahaan pemasok air bersih di area kita dan memeriksa situs web mereka.

3. Menghitung tagihan air

Setelah mempelajari cara membaca indikator, sekarang kita dapat melanjutkan untuk menghitung tagihan air kita hanya dengan mengalikan tarif dengan penggunaan air bulanan dan menambahkan biaya pemeliharaan indikator dan materai.

Misalnya, bulan ini kita menggunakan 20 m3 air untuk satu rumah tangga (2A2). Oleh karena itu, tagihan air untuk bulan ini adalah;

  • Biaya pemakaian air: 20 m3 x Rp 7.450 = Rp 149.000
  • Biaya perawatan indikator (tergantung luas dan luas bangunan): Rp 4.400
  • Pajak: Rp 1.195
  • Biaya materai: Rp 3.000
  • Total: Rp 157.595

Tentu saja, kita juga dapat memeriksa tagihan air secara online. Ada beberapa platform, selain situs resmi, yang memungkinkan kita memeriksa tagihan air secara online.

how to count water bills, counting indonesian water bill, menghitung tagihan air pam, meteran air, water meter, water tariff

4. Membayar tagihan air

Karena ada platform tempat kita dapat memeriksa tagihan air secara online, tentu ada juga platform untuk membayarnya secara online. Kita bisa menggunakan mobile banking karena sebagian besar layanan bank di Indonesia telah memungkinkan penggunanya untuk membayar tagihan secara online, dan tidak hanya terbatas pada tagihan air tapi juga tagihan-tagihan lain seperti tagihan listrik.

Pilihan lain untuk pembayaran online adalah menggunakan aplikasi mobile lainnya seperti Tokopedia, Gojek, Grab, Traveloka, dll yang memungkinkan kita untuk, tidak hanya menggunakan layanan mereka, tetapi juga membayar tagihan secara online.

Jika kita tidak memiliki mobile banking atau tidak dapat menggunakan aplikasi lain, kita bisa membayar secara offline melalui minimarket atau toserba terdekat melalui kasir atau menggunakan mesin ATM yang tersedia.

Setelah mengetahui jumlah yang harus dikeluarkan untuk penggunaan air bulanan, kita dapat mencoba memperkirakan harganya sendiri karena tarif tagihan air termasuk stabil dan tidak akan banyak berubah dalam setahun.