5 Tips Kenalan dengan Lingkungan Baru

Pindah ke lingkungan baru artinya kita akan memiliki gaya hidup baru, teman baru, dan tempat baru untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tips agar kamu dapat merasa nyaman di lingkungan baru dengan cepat!

riding bycicle in neighborhood, feel like home, new neighborhood, bersepeda di rumah baru, merasa seperti di rumah
Minute Read

2 mins

Published

07.09.2021

Pindahan ke rumah dengan lingkungan baru bisa jadi proses yang mendebarkan. Dari perasaan senang hingga takut pasti akan memenuhi hari-hari pertamamu. Perlu diketahui, kamu akan lebih tenang dengan menjelajahi lingkungan baru di sekitar rumah untuk mendapatkan sedikit rasa betah.

couple happy moving to new home, new neighborhood, pasangan pindah ke rumah baru, bahagia di lingkungan baru

1. Lakukan penjelajahan di waktu pagi dan malam hari

Mulailah dengan mengunjungi lingkungan potensial baik di siang hari maupun di malam hari. Energi suatu area punya waktu krusial di pagi hari dan bisa berubah saat matahari terbenam. Kunjungi setidaknya dua kali di setiap waktu untuk mengetahui kepribadian suatu lingkungan dan kerumunan siang dan malam dapat mengubah suatu tempat.

2. Temukan tempat-tempat esensial

Salah satu hal yang paling membingungkan tentang pindah ke lingkungan baru adalah menyesuaikan kebiasaanmu di tempat baru. Kamu bisa menyesuaikan kebiasaanmu dengan mencari Bank dan ATM, klinik, pasar atau tempat perbelanjaan, gym, hingga coffee shop. Perlahan, kamu akan terbiasa dengan lingkungan barumu.

3. Berkenalan dengan warga sekitarnya

Meskipun kamu suka hidup sendiri, mengenal beberapa orang terdekat dari rumahmu bisa jadi cara cepat untuk lebih mengenal lingkungan dan penduduk di dalamnya. Dari tetangga terdekat, kamu bisa menemukan organisasi atau perkumpulan komunitas yang cocok dengan kepribadianmu.

mengenal tetangga di lingkungan baru, getting to know neighbours, new neighborhood

4. Bergabung dengan event lokal

Dari tetangga terdekat, kamu juga bisa menemukan tanggal-tanggal penting event yang mungkin akan diselenggarakan di daerah tempat tinggalmu. Mendaftar untuk menjadi sukarelawan dengan organisasi layanan lokal, bisa jadi cara bagus untuk bertemu dan belajar lebih banyak tentang lingkunganmu.

5. Mengadakan acara selamatan

Kalau kamu untuk bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu, kamu bisa adakan acara santai untuk mengundang tetangga sekitar datang. Meskipun tidak ada jaminan membuat semua orang hadir, tetapi kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan beberapa wajah ramah yang siap membantumu beradaptasi.

Housewarming, New House, mengundang tetangga baru ke rumah

Bertemu tetangga di lingkungan baru mungkin akan terasa seperti proses yang menakutkan. Jadilah seseorang yang mudah didekati dan tidak terburu-buru dalam berkenalan. Biarkan hubungan berkembang secara alami, dan jangan pernah meremehkan kekuatan senyum tulus dan sikap yang baik orang sekitarmu.