5 Kebiasaan Positif untuk ‘Back to Normal’ yang Lebih Sehat

Sudah kembali masuk ke kantor setiap hari? Pastikan kesehatanmu tetap terjaga dengan membiasakan diri pada 5 hal ini!

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal
Minute Read

3 mins

Published

28.07.2022

Hai Lokals! Memulai tahun baru memang sesuatu yang menyenangkan. Dengan tahun baru, datang hari baru, tantangan baru, dan pribadi yang baru!

Dan ketika kita hendak menyambut datangnya tahun baru, kita memiliki pemikiran yang sama: tahun baru harus menjadi tahun yang lebih baik dan sehat. Namun, ketika kita berpikir tentang menjadi lebih sehat dan bugar, kita sering melupakan hal yang paling penting— dan itu adalah merasa baik atas diri kita sendiri!

Jadi, apakah kita siap untuk membuka lembaran baru di tahun ini? Lokalist akan memandu kita melalui beberapa kebiasaan positif yang akan membantu kita menyambut tahun 2022 dan diri kira yang lebih sehat!

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal, perbaiki jam tidur, fix sleep habit

Perbaiki jadwal tidur

Kita mungkin pernah mendengar bahwa tidur adalah salah satu hal penting, namun kita sering tidak menyadari betapa banyak yang dapat diperoleh tubuh kita dari tidur.

Tahukah kamu? Penelitian menemukan, bahkan hanya satu malam tidur yang kurang baik dapat memberikan dampak buruk dalam jangka panjang. Jadi, untuk kembali ke normal dengan awal dan energi yang baru, kita harus bisa mengubah jam tidur kita menjadi lebih teratur.

“Tapi apa yang harus kita lakukan secara berbeda?”

Mulailah dengan mengikuti jadwal tidur yang sama—artinya kita pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Kita mungkin juga ingin mencoba membatasi waktu tidur siang kita, karena jam tidur siang sebenarnya dapat mengganggu tidur malam kita.

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal, be grateful, mulai bersyukur

Mulailah berlatih kebiasaan bersyukur

Karena kita semua ingin memulai lembaran baru di tahun ini, hal ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan semua yang telah terjadi di tahun lalu. Berlatih kebiasaan bersyukur bisa menjadi cara yang ideal untuk menghargai semua hal yang ada dalam hidup kita dan tentunya, ini dapat dilakukan dengan memikirkan lima hal yang kita syukuri setiap hari!

  • Hal apa yang kita syukuri?
  • Kesempatan apa yang kita miliki yang kita syukuri?
  • Apa yang kita nantikan di masa depan?
  • Bagaimana kita bisa bersyukur atas tantangan yang kita alami dalam hidup ini?
  • Bagaimana kita bisa beruntung?

Ucapan ini tidak sulit untuk dilakukan, gratis dan mudah untuk diterapkan. Lokalist dapat menjamin perasaan dan hidup yang lebih baik dalam jangka panjang jika kita menerapkan hal ini.

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal, get fit, jadi lebih bugar

Menjadi bugar

Ketika kita berolahraga dengan teratur, jantung akan menjadi lebih kuat dan otot-otot juga menjadi lebih baik. Jika jantung lebih besar dan lebih kuat, ia dapat memompa lebih banyak darah setiap kali berdetak. Ketika paru-paru bekerja dengan baik, kita menggunakan lebih banyak oksigen saat berolahraga yang membakar lebih banyak lemak tubuh dan meningkatkan daya tahan (yang berarti kita bisa berolahraga lebih lama sebelum lelah).

Merawat tubuh tidak sulit jika tahu apa yang sebaiknya dilakukan, dan kita mungkin ingin memulai rutinitas ini dengan makan sehat, berolahraga secara teratur, atau sekadar melakukan aktivitas fisik apa pun!

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal, be a conscious buyer, jadi konsumen sadar lingkungan

Berbelanja bahan ramah lingkungan untuk rumah 

Kembali ke normal dengan diri yang baru! Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai membuat perubahan kecil yang lebih baik untuk lingkungan. Mungkin sudah saatnya kita renungkan bagaimana kebiasaan sehari-hari dapat berdampak positif bagi lingkungan. Untungnya, ada berbagai macam perubahan kecil yang dapat diterapkan ke dalam kebiasaan sehari-hari yang akan membuat perubahan besar dalam jangka panjang.

Karena hidup sustainable lebih dari sekadar menyelamatkan planet—ini juga tentang kesehatan dan kebahagiaan sehari-hari—dan karenanya harus dimulai dari rumah!

healthy habit to welcome back to normal, kebiasaan sehat untuk kembali ke normal, fokus pada diri sendiri, focus on yourself

Fokus pada diri sendiri

Kita mungkin pernah mendengarnya sebelumnya, dan kali ini kita akan mendengarnya lagi. Kita harus fokus pada diri sendiri— kesehatan, kemampuan, tubuh, dan yang paling penting, pikiran kita sendiri. Luangkan waktu untuk diri sendiri, karena cara terbaik untuk memastikan kita menjalani hidup yang sehat adalah dengan fokus pada kesehatan kita sendiri.

 

Kesehatan adalah sesuatu yang tidak hanya mempengaruhi diri sendiri, tetapi juga keluarga dan teman disekitar kita. Hal ini menjadi satu hal yang harus selalu kita pikirkan, perhatikan baik-baik, dan menjadi motivasi untuk membuat perubahan kecil setiap harinya.

Jadi, yuk mulai dengan mengubah satu kebiasaan kecil mulai hari ini dengan perlahan yang akan membuat perbedaan besar di tahun-tahun mendatang!