5 Cara Untuk Merawat Tanaman Hias

Ada kepuasan tersendiri saat membawa warna hijau dari luar ruangan ke dalam ruangan. Memiliki tanaman hias adalah cara terbaik untuk mencerahkan dan menciptakan ruang yang hidup di dalam rumah Anda.

Minute Read

6 mins

Published

04.02.2021

Memberikan nuansa hijau alami dari tanaman akan memberikan kesan tersendiri untuk rumah kita. Tanaman hias adalah cara terbaik untuk memberikan kesan hidup dan menciptakan ruang yang nampak ramah untuk rumah kita. Merawat tanaman hias bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Meskipun ada beberapa tanaman hias yang memang membutuhkan keuletan lebih, ada beberapa tanaman hias yang cukup mudah dan tidak memerlukan seseorang yang ahli berkebun untuk menanam atau merawatnya. Dengan hanya pengetahuan yang tepat, kita akan mengerti bagaimana untuk merawat tanaman dalam ruangan dengan tepat.

1. Jangan Terlalu Sering Disiram

Untuk memastikan apakah tanaman kita butuh air atau sudah terhidrasi dengan sempurna, masukan jari ke dalam pot sedalam dua ruas jari untuk mencari tahu seberapa lembab tanah di dalam pot. Menyiram tanaman hias memang lebih rumit karena tanaman dalam ruangan cenderung akan lebih menderita ketika penyiraman berlebihan. Tetapi tidak semua tanaman hias sama — tanaman dengan daun yang lebih tebal membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman dengan daun yang berlilin atau kasar.

2. Pahami Intensitas Cahaya yang Dibutuhkan Oleh Tanaman

Meskipun sinar matahari penting bagi tanaman untuk dapat berfotosintesis, setiap tanaman memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadap sinar matahari langsung. Memahami berapa besar intensitas sinar matahari yang dibutuhkan untuk tanaman kita sangatlah penting. Untuk membantu menentukan cahaya yang tepat untuk tanaman kita, mari kenali beberapa jenis cahaya yang ada di rumah kita.

Cahaya langsung sinar matahari

giok, jade plant

Jade Plant for Indoor plant

Merupakan cahaya terang berasal dari jendela yang menghadap ke selatan atau barat yang menerima jumlah cahaya terbanyak dari sinar matahari langsung sepanjang hari. Beberapa tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari langsung adalah:

  • Tanaman giok:
    Tumbuh lebih baik di ruangan yang terkena sinar matahari langsung.
  • Ketapang biola:
    Sinar matahari langsung akan membuat tanaman ini tetap sehat. Jika tanaman ini kekurangan sinar matahari, maka akan menyebabkan daunnya menjadi menguning, bercak coklat, dan rontok.

Cahaya terang tidak langsung

Merupakan tempat di mana tanaman akan mendapatkan sinar matahari hanya selama beberapa jam pada siang hari. Berikut beberapa tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari tidak langsung:

  • Tanaman lidah mertua
    Meskipun mereka tetap akan bertahan hidup di ruangan dengan cahaya redup, mereka akan tumbuh lebih baik jika tidak terkena cahaya langsung dari matahari.
  • Tanaman laba-laba:
    Tanaman laba-laba sangat cocok untuk dijadikan tanaman gantung. Namun, sinar matahari yang terlalu terang dan panas akan membakar daun dari tanaman ini. Letakkan mereka sedikit jauh dari sinar matahari langsung.
  • Pakis tanduk rusa:
    Biasa tumbuh dalam cahaya yang disaring melalui cabang-cabang pohon, tanaman ini lebih suka berada di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah.

Cahaya redup

Peace Lily

Beautiful white flowers and green leaves tropical flower Spathiphyllum on a dark background.

Tanaman yang membutuhkan cahaya redup baiknya ditaruh di lokasi yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung dengan intensitas cahaya yang kecil. Contohnya, ruangan dengan jendela menghadap utara (jika berada di belahan bumi utara) atau sebaliknya yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Tanaman hias apa saja yang membutuhkan sinar matahari rendah?

  • Peace Lily:
    Tanaman yang tumbuh subur di tanah yang lembab, dan akan berbunga di ruangan yang lebih gelap.
  • Philodendron:
    Tanaman dalam ruangan yang mudah tumbuh dan dapat tumbuh di ruangan dengan pecahayaan minim.

Perlu diingat, setiap jenis tanaman membutuhkan jumlah sinar matahari yang berbeda. Jadi, mengenali tanaman hias yang kita miliki berarti mengetahui intensitas sinar matahari yang dibutuhkan untuk tanaman hias kita. Terlalu banyak atau terlalu sedikit sinar matahari dapat berdampak serius pada kehidupan tanaman kita.

3. Suhu dan Aliran Udara yang Baik

Agar tanaman hias kita tetap sehat, kita perlu menyediakan suhu yang tepat dan aliran udara yang baik di sekitar rumah. Jika suhu ruangan terlalu dingin, tanaman hias akan lebih cepat mati. Biasanya, suhu ideal untuk tanaman hias adalah antara 15-24 derajat celcius. Sedangkan, ventilasi yang baik di rumah kita penting untuk menjaga aliran udara untuk kesehatan tanaman kita.

4. Memilih Pot Dengan Drainase

Tanpa lubang drainase di pot, tanaman kita tidak akan bisa hidup dan bernafas. Tanaman hias membutuhkan setidaknya satu lubang drainase untuk memastikan semua air dapat mengalir melalui tanah dan tidak akan menenggelamkan tanaman hias. Di sisi lain, drainase yang berlebihan tidak akan ada gunanya bagi tanaman kita – terlalu banyak drainase hanya akan membuat tanaman hias menjadi dehidrasi karena banyaknya air yang mengalir keluar.

5. Lakukan Pemupukan

Tanaman kita membutuhkan nutrisi agar dapat tumbuh sehat dan indah, seperti halnya manusia. Pupuk berfungsi sebagai multivitamin untuk tanaman. Nitrogen, fosfor, dan kalium adalah nutrisi utama yang terkandung dalam pupuk yang membantu tanaman untuk tumbuh. Satu-satunya cara untuk memupuk tanaman hias adalah dengan tidak berlebihan dalam memberi pupuk karena justru akan membunuh tanaman kita.

Sekarang, mari kita lihat beberapa tanaman hias yang mudah untuk dirawat!

Tanaman Dolar

ndoor home Plant. Zanzibar Gem, ZZ Plant

Indoor home Plant. Zanzibar Gem, ZZ Plant (Zamioculcas Zamifolia). flowering plant in front of grey concrete wall. Copy space

Lebih dikenal dengan sebutan Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia), tanaman ini cocok untuk pemula. Mereka akan bertahan bahkan dalam intensitas cahaya paling rendah dan kita tidak perlu sering-sering menyiramnya, tunggu sampai tanahnya mengering sebelum melakukan penyiraman berikutnya.

Namun, Karena tanaman ini beracun, disarankan untuk memakai sarung tangan saat kita perlu memangkas dan mencuci tangan setelah menyentuhnya. Karena itu, jauhkan dari hewan peliharaan dan jangkauan anak-anak!

Monstera Deliciosa

Giant Monstera (Philodendron Monstera)

Giant Monstera (Philodendron Monstera) in rattan basket with pink background

Merawat Monstera tidak sesulit yang kita kira, mereka termasuk tanaman dalam ruangan yang memerlukan sedikit perawatan, mereka tetap bisa tumbuh subur bahkan walau tidak diperhatikan. Satu-satunya hal yang perlu kita ketahui untuk merawat Monstera Deliciosa adalah untuk memberi mereka jumlah cahaya yang tepat dan jangan menyiramnya terlalu sering.

Sukulen

Tanaman dalam ruangan yang kecil ini sempurna bagi seseorang yang tidak ahli berkebun. Dua hal yang perlu diketahui untuk merawat sukulen adalah untuk memberikan banyak sinar matahari (setidaknya selama enam jam sehari) dan sukulen tidak menyukai tanah yang basah dan lembab. Memilih tanah yang tepat untuk sukulen sangatlah penting, mereka membutuhkan tanah yang mudah menyerap dan mengalirkan air. Sukulen menyukai tanah khusus kaktus atau campuran pot untuk sukulen seperti pasir, perlit, atau batu apung.

Tanaman Udara

Tanaman udara atau Tillandsia tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh subur. Sebaliknya, mereka mendapatkan semua air dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk hidup dari udara melalui daunnya. Beri mereka cahaya tidak langsung yang terang dan sirkulasi udara secara terus-menerus Setiap sebulan sekali, rendam tanaman Tillandsia ke dalam air dan siram dengan pupuk yang telah dicairkan.

Tanaman Karet

Planting Rubber plant

Jika kita mencari tanaman hias dalam ruangan yang mudah dirawat, tanaman karet adalah tanaman yang pas – dengan daun yang mengkilap dan kasar, selain mudah dirawat, tanaman karet adalah tanaman dalam ruangan yang sempurna untuk melengkapi rumah kita. Cara merawat tanaman karet adalah dengan tidak memberikan mereka sinar matahari langsung dan tidak terlalu sering disiram.

Tanaman Sirih Gading

pothos, devil's ivy

Golden pothos or Epipremnum aureum at window in the bedroom home and garden

Sebuah tanaman yang sempurna bagi pemula untuk memulai koleksi tanaman hias. Sirih gading dapat tumbuh di air maupun di tanah kering dan dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari tidak langsung maupun cahaya redup. Tetapi, jangan letakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Merekapun dapat tumbuh subur di tanah yang kaya nutrisi maupun di tanah dengan nutrisi yang buruk. Dapat dibilang, tanaman sirih gading adalah tanaman hias termudah untuk tumbuh dan dirawat.