10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pindah Rumah

Pindah ke tempat tinggal baru bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menjadi tantangan bagi siapa pun. Karena, menyiapkan kehidupan baru di tempat yang baru tentu memerlukan banyak waktu, energi, dan kesabaran. Yuk pertimbangkan beberapa hal penting sebelum memulai untuk melangkah!

family gardening concept. asian parent with son holding a pot of plant and smiling to camera together
Minute Read

5 mins

Published

21.01.2021

Pindah ke tempat tinggal baru bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menjadi tantangan bagi siapa pun. Entah itu karena adanya pekerjaan atau kita memang ingin pindah ke kota baru—banyak kemungkinan yang mengharuskan seseorang untuk relokasi.

Namun, menyiapkan kehidupan baru di tempat yang baru tentu memerlukan banyak waktu, energi, dan kesabaran. Karena kita tahu bahwa relokasi dapat menimbulkan resiko jika kita tidak memiliki persiapan dan perencanaan yang matang.

Sebelum kita bersiap-siap untuk pindah ke rumah baru, yuk pertimbangkan beberapa hal penting sebelum memulai untuk melangkah!

1. Temukan rumah yang cocok

Hal terpenting sebelum pindah ke tempat baru tentu saja adalah menemukan rumah baru untuk kita tinggali. Sebelum kita memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah baru, penting juga untuk memikirkan fitur penting yang kita inginkan untuk rumah baru kita. Seperti jumlah kamar tidur, garasi, dapur, dan sebagainya.

Namun satu hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah meninjau lingkungan sekitar dengan cermat. Pastikan kita menyukai semua, mulai dari rumah hingga lingkungan sekitar.

Happy asian family enjoying their new home together. playing with cardboard box

Upaya untuk menemukan rumah yang cocok dan pas untuk kita tentunya akan melelahkan baik secara fisik maupun emosional, itulah sebabnya agen real estat sangat akan membantu dalam pencarian rumah yang sesuai dengan kriteria dan anggaran rumah kita—terutama untuk pembeli rumah pertama kali. Dengan memiliki agen real estat di sisi kita, kita memiliki bantuan profesional untuk memastikan semuanya berada di jalur yang benar.

2. Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai

Sebaiknya, singkirkan beberapa barang sebelum dipindahkan. Pindah ke tempat baru berarti kita harus siap untuk membuang barang-barang yang sudah tidak lagi digunakan, baik oleh kita sendiri atau siapa pun di rumah kita. Jadi, membuang barang yang tidak lagi digunakan merupakan salah satu cara paling tepat yang harus dilakukan sebelum pindah rumah. Karena hal ini akan membantu kita untuk menghemat banyak waktu, tenaga, dan uang. Ini juga akan membuat perpindahan kita jauh lebih mudah.

Seperti yang kita tahu, mengemas barang-barang di rumah bisa memakan waktu lama dan menimbulkan stres. Dengan menyingkirkan barang yang tidak lagi dibutuhkan, kita dapat mencegah stres yang timbul saat mengemas dan memindahkan. Anggap rumah baru sebagai awal baru yang segar untuk kita dan keluarga.

3. Transportasi umum

Seberapa mudahkah jika kita ingin pergi dengan transportasi umum? Di dunia modern ini, transportasi umum merupakan hal penting yang harus kita pertimbangkan, terutama jika kita adalah orang yang selalu mengandalkan transportasi umum untuk pergi ke tempat kerja atau ke mana pun, penting untuk mencari tempat tinggal yang terhubung dengan jalur komuter atau transportasi umum lainnya. Jadi, lakukanlah sedikit riset tentang seberapa efisien transportasi umum di daerah tersebut.

4. Menyiapkan utilitas sebelum pindah

Pindah ke rumah baru bukan hanya sekedar memindahkan barang-barang, tetapi juga beberapa layanan utilitas lainnya—baik untuk penyedia listrik, gas, atau internet. Beberapa penyedia internet mungkin hanya mencakup sebagian area tertentu, jadi kita mungkin ingin melakukan sedikit riset tentang jaringan apa yang tersedia di area baru tempat tinggal kita nantinya. Jangan lupa untuk memastikan layanan utilitas sudah siap sebelum pindah ke rumah baru.

5. Mengemas barang dengan aman

Menggunakan kardus yang tepat sangat penting untuk melindungi barang kita saat pindah ke tempat baru, terutama jika kita melakukan pengepakan sendiri. Kita perlu mengetahui ukuran kardus yang memang kita butuhkan. Barang yang lebih kecil akan lebih mudah pecah jika dimasukkan ke dalam kardus dengan ukuran lebih besar. Selain itu, jika kita mengemas barang-barang yang mudah pecah, pastikan untuk menyediakan bantalan yang tepat dan pas, seperti plastik gelembung atau kertas koran. Selain itu, jangan lupa untuk diberi label juga, ya!

Mengemas dan memindahkan barang-barang kita ke rumah baru dapat menjadi pekerjaan berat untuk kita. Jadi, jika memang lebih baik untuk meminta bantuan orang lain, kita mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa jasa pindahan untuk mengurangi stres saat relokasi. Mereka dapat membantu kita mengemas dan mengantarkan barang-barang tanpa kita perlu khawatir.

Namun jika kita ingin menggunakan jasa mereka, pastikan untuk menyimpan barang berharga kita seperti dokumen, perhiasan, dan sebagainya secara terpisah.

6. Fasilitas sosial

Saat kita ingin pindah ke tempat baru, pastikan fasilitas sosial sudah masuk ke dalam pertimbangan. Lihatlah sekolah terdekat, toko bahan makanan, hingga fasilitas rumah sakit. Penting bagi kita untuk tinggal di daerah yang memiliki akses ke fasilitas sosial dari rumah dengan mudah.

7. Kualitas hidupJakarta, Indonesia - December 9th, 2020 - Selective focus photo of an elderly couple wearing face masks watching people jog

Jelajahi kotanya terlebih dahulu, dan kenali daerah sekitarnya. Hal ini akan memberi gambaran tentang bagaimana rasanya tinggal di daerah itu, juga untuk membuat kita mengenal orang-orang baru di daerah rumah baru kita sehingga kita tahu apakah lingkungan hidup tempat baru kita sudah cukup ideal untuk kehidupan kita.

8. Ketahui biaya hidup

Area yang lebih banyak peminatnya biasanya memiliki biaya hidup yang cenderung lebih tinggi. Tentunya ini dapat mempengaruhi pengeluaran bulanan dan tabungan kita ketika pindah ke tempat baru. Kita pasti tidak ingin hidup dengan biaya hidup yang tinggi jika itu melebihi pemasukan bulanan kita.

Dengan melakukan riset tentang biaya hidup, pastinya akan membantu kita untuk membuat anggaran yang lebih baik dan realistis sebelum kita pindah rumah.

9. Pajak

Kita telah menyiapkan rencana keuangan, dan kita sudah siap untuk pindah ke kota baru. Tetapi jika kita berencana untuk membeli rumah di area baru, pajak dapat membuat perubahan besar pada pengeluaran. Jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan berapa pajak yang akan kita bayar untuk memiliki properti di area yang ingin kita tinggali.

10. Beri tahu keluarga dan teman tentang kepindahan kita

Hal penting terakhir yang harus dilakukan sebelum kita pindah ke rumah baru adalah mengubah alamat lama ke alamat baru untuk menghindari kerepotan saat ada tagihan atau dokumen penting lainnya yang harus dikirimkan ke rumah.

Asian young woman working while taking care of her children at home

Namun, jangan lupa juga untuk memberi tahu keluarga, teman dekat, dan layanan atau organisasi lain apa pun bahwa kita akan pindah ke alamat baru. Kabari mereka tentang relokasi kita dan alamat yang baru.